Pj. Sekda Solsel: Semakin Banyak Uang Beredar Daerah Akan Semakin Sejahtera

Pj. Sekda Solsel Doni Rahmat Samulo Saat membuka Musrenbang kecamatan tingkat kabupaten Solok Selatan di Kecamatan Sangir, Rabu (3/2)
Pj. Sekda Solsel Doni Rahmat Samulo Saat membuka Musrenbang kecamatan tingkat kabupaten Solok Selatan di Kecamatan Sangir, Rabu (3/2) (Ist)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Penjabat (Pj) Sekda Solok Selatan Doni Rahmat Samulo mengatakan harus dipikirkan caranya bagaimana uang bisa masuk ke Solok Selatan , semakin banyak uang beredar di suatu daerah maka daerah tersebut juga akan semakin maju.

Hal itu dikatakannya saat membuka Musrenbang kecamatan tingkat kabupaten Solok Selatan di kantor Camat Sangir Rabu, 3/2.

baca juga: Dinkes Solsel Sebut Vaksin Diperlukan untuk Membentuk Kekebalan Kelompok Terhadap Virus Covid-19

"Misalnya dari Jual beli hasil pertanian, datang orang dari luar daerah membeli cabe ke petani kita artinya ada uang dari luar daerah yang masuk kesini," katanya.

Kemudian imbuhnya, Solok Selatan juga memiliki banyak Potensi Obyek wisata menarik untuk dikunjungi, bisa juga dibangun Convention center sebagai sarana berbagai kegiatan.

baca juga: Setelah Geledah Dinas PU, Tim Kejari Lanjutkan Penggeledahan Ke Kantor BPKD Solsel

"Suguhan pemandangan alam yang indah, convention center yang refresentatif akan mengundang banyak tamu yang melaksanakan kegiatan, otomatis mereka juga membelanjakan uangnya disini," jelasnya

Tidak dipungkiri imbuhnya, terbatasnya Anggaran bahkan rumah Dinas Kepala Daerah juga belum punya, kondisi perkantoran juga masih memprihatinkan.

baca juga: Satu Koper Berisi Dokumen Dibawa Tim Kejari Usai Geledah Ruang Dinas PU Solsel

"Rumah Dinas belum punya, Saya ke Dinas Perhubungan sedih melihat kondisi perkantorannya, ke Kominfo juga demikian, ke kompleks perkantoran apalagi jalanan masih berlumpur didepan perkantoran tersebut," ungkapnya

Dia melanjutkan kedepannya semua pihak harus saling mengingatkan, jangan sampai seperti mengundang orang untuk pesta, difikiran banyak yang akan di undang tetapi lupa saat menulis undangan tersebut.

baca juga: FLASH: Kejari Geledah Kantor PU Solsel

"Terbatasnya anggaran seharusnya tidak perlu menjadi alasan, karena di Pusat banyak anggaran yang bisa diraih tentunya perlu kegigihan untuk mengajukan proposal pembangunan ke pemerintah pusat," katanya.

Dia melanjutkan tahun ini Kemenko Maritim memfloating anggaran sebesar Rp3 Triliun untuk pembangunan Infrastruktur di Sumatera Barat. dengan rincian Rp1 triliun untuk Mentawai, Rp1,2 untuk Sitinjau laut, dan Rp800 Peningkatan jalan Solok Selatan -Dharmasraya.

"Insya Allah, sekitar April atau Mei Pembangunan Jalan dari bukit manggis menuju sudah mulai dilaksanakan. Tentu ini PR Kepala Bappeda untuk melengkapi persyaratan yang diminta, Sebab kalau kurang syarat meski telah dianggarkan Kemenko maritim anggaran itu bisa saja dicoret," jelasnya

Kalau konektivitas lancar imbuhnya, orang Dharmasraya, Pekanbaru dan muara Bungo akan datang membelanjakan uangnya ke Solok Selatan .

"Jangan khawatir masyarakat belum siap, sebab kalau akses lancar masyarakat dengan sendirinya akan siap, contoh puncak Laras dan Puncak BRJ kan berawal dari ide sederhana masyarakat," katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Khadijah