Lawan Pandemi, Pemko Solok Mulai Vaksinasi Covid-19

Wako Solok H. Zul Elfian canangkan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di kota Solok
Wako Solok H. Zul Elfian canangkan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di kota Solok (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -Pemerintah Kota Solok , Sumatra Barat secara resmi memulai tahapan pelaksanaan vaksinasi Corona Viris Desease 2019 (Covid-19). Pencanangan dilakukan langsung Wako Solok , Selasa (2/2/2021) di Balaikota.

Pelaksanaan vaksinasi ditandai dengan penyuntikan cairan vaksin kepada sejumlah pimpinan dan perwakilan lembaga atau institusi di kota Solok . Mulai dari Kapolres, Dandim, Kajari Solok , Ketua Pengadilan serta sejumlah unsur lainnya.

baca juga: PKKMB, Wawako Solok Berikan Motivasi Bagi Mahasiswa Baru UMMY

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Solok menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi dilakukan untuk mencegah terus meluasnya pandemi Covid-19. Dengan vaksinasi akan merangsang imunitas terhadap virus Corona.

"Dengan dilakukan vaksinasi diharapkan imunitas terhadap virus corona bisa semakin kuat sehingga penyebaran dan angka kesakitan serta kematian akibat Covid-19 bisa diminimalisir," ungkap Zul Elfian.

baca juga: UMMY Solok Serahkan Rekening Mahasiswa Penerima KIP Kuliah 2021

Menurutnya, dengan pelaksanaan vaksinasi perdana terhadap pimpinan instansi atau lembaga terkait, menunjukkan dukungan penuh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah terhadap program vaksinasi yang dilakukan.

"Mulai dari Kapolres, Dandim, Kajari dan Ketua Pengadilan ikut menjalani vaksinasi, Insyaallah tidak ada keraguan. Apalagi vaksin yang digunakan sudah mengantongi lebel halal dari MUI dan aman menurut BPPOM," terang Zul Elfian.

baca juga: Kisah Finda Pratiwi, Harumkan Nama Daerah Melalui Olahraga Senam

Memang dalam kesempatan itu, Wali Kota Solok memang tidak masuk sebagai penerima vaksin, hal itu lantaran Wako Solok pernah terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga tidak perlu lagi di vaksin.

Kendati demikian, sebagai penyintas Covid-19, Zul Elfian menyatakan kesiapannya untuk menjadi pendonor plasma convalescent atau plasma darah nantinya, jika memang dibutuhkan.

baca juga: Audiensi, Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumbar Datangi Kota Solok

Usai pencanangan, pelaksanaaan vaksin akan dilakukan terhadap 1.522 orang tenaga kesehatan di kota Solok . Kelompok ini diprioritaskan lantaran menjadi garda terdepan penanganan Covid-19.

"Talaupun tahapan vaksinasi sudah dimulai, namun seluruh masyarakat tetap diharapkan untuk menerapkan protokol kesehatan, dan selalu melaksanakan 3M," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah