Wako Apresiasi Penanganan Banjir di Kota Solok

Wako Solok saat Ratas dengan pejabat dan OPD terkait di Balaikota Solok
Wako Solok saat Ratas dengan pejabat dan OPD terkait di Balaikota Solok (Prokomp)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -Wali Kota Solok , H. Zul Elfian mengapresiasi penanganan bencana banjir yang terjadi di kota Solok , mulai dari evakuasi warga, pendirian dapur umum sampai penyaluran bantuan pada warga terdampak.

"Alhamdulillah, penanganan banjir di kota Solok berjalan dengan baik," ungkap Wako Solok , Senin (18/1/2021) saat memimpin rapat evaluasi dan rencana strategis penanganan banjir.

baca juga: Pengurus GOW Kota Solok Periode 2021-2026 Dilantik

Dalam rapat terbatas yang dilakukan di kantor Balaikota Solok itu, turut hadir Sekda kota Solok Syaiful Rustam, Asisten Ekonomi dan pembangunan Jefrizal dan pimpinan OPD terkait.

Zul Elfian juga mengapresiasi kepedulian dari seluruh elemen mulai dari OPD terkait, Relawan dan beragam organisasi sosial kemanusiaan yang terus mendampingi dan menyalurkan bantuan bagi warga.

baca juga: Positif Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Kasus, Empat Orang ASN

Selain itu, bantuan juga mengalir dari pemerintah provinsi Sumatra Barat, Kabupaten Kota, para perantau. Bentuan diberikan secara langsung maupun melalui posko penanganan banjir kota Solok .

Wako meminta, bantuan bencana banjir yang mengalir melalui pemerintah kota Solok untuk disalurkan pada masyarakat yang terdampak banjir. Jangan sampai salah sasaran.

baca juga: Sekda Kota Solok Jalani Vaksinasi Covid-19

"Bantuan yang diterima agar dikelola dan disalurkan dengan baik, libatkan berbagai unsur terkait agar penyalurannya tepat sasaran. Jangan sampai yang berhak malah tidak mendapatkan bantuan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris daerah kota Solok , Syaiful Rustam melaporkan, banjir yang terjadi pada Selasa 12 Januari 2021 melanda setidaknya 9 kelurahan di dua kecamatan yang ada di kota Solok .

baca juga: Hewan Langka Ditemukan di Solok, Ternyata Ini Jenisnya

"Saat banjir, petugas kita dan relawan langsung melakukan upaya evakuasi dan memberikan bantuan bagi warga yang terdampak, kemudian kita dirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi warga," katanya.

Banjir yang terjadi akibat meluapnya aliran Batang Lembang itu dilaporkan tidak sampai menelan korban jiwa. Kendati demikian, Total, 1.730 Kepala Keluarga atau 8.045 jiwa terdampak banjir di kota Solok .

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah