Tanggap Banjir, Dinas Sosial Kota Solok Dirikan Dapur Umum

Kondisi Dapur umum Dinas Sosial di Kantor Balaikota Solok
Kondisi Dapur umum Dinas Sosial di Kantor Balaikota Solok (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -Dinas Sosial Kota Solok bersama unsur terkait relawan mendirikan dapur umum untuk menanggulangi kebutuhan makanan jadi bagi ribuan jiwa yang terdampak banjir di kota Solok , Selasa (12/1/2020).

Dapur umum dipusatkan di halaman kantor Balaikota Solok . Puluhan personil dari pegawai Dinas sosial, Tagana, PSM, Pedsos dan unsur lainnya dikerahkan untuk memenuhi kebutuhan warga.

baca juga: Keluhkan Anosmia, Dokter Asal Kota Solok Positif Covid-19

"Untuk hari ini, kita menargetkan lebih kurang 3000 bungkus nasi untuk disalurkan ke masyarakat terdampak banjir di kota Solok ," ungkap Kepala Dinas Sosial Kota Solok , Zulfadli Ilyas.

Dalam pendistribusian nasi bungkus yang dimasak di dapur umum, pihak Dinas Sosial kota Solok berkoordinasi dengan pihak kelurahan, RT dan RW serta unsur terkait agar lebih tepat sasaran.

baca juga: Teganya, Pria di Kabupaten Solok Ini Cabuli Anak Tirinya Sendiri

Pihak Dinas Sosial kota Solok menargetkan pendirian dapur umum selama satu hari. Kendati demikian, pihaknya siap untuk memperpanjang dapur umum jika banjir di kota Solok terus berlanjut dan masyarakat masih membutuhkan.

"Rencanan kita, dapur umum diadakan hari ini mengingat kondusi banjir di kota Solok sudah surut dan masyarakat telah banyak yang bisa memasak sendiri, namun kita tetap menyesuaikan dengan kebutuhan nantinya," paparnya.

baca juga: Alami Beragam Gejala, Enam Warga Kota Solok Positif Covid-19

Sebelumnya, banjir melanda sebagian besar wilayah kota Solok akibat meluapnya aliran Batang Lembang yang membelah daerah itu, Senin (11/1/2021). Setidaknya 9 kelurahan terdampak.

Dari data sementara posko penanganan Banjir di kantor Balaikota Solok , 6 kelurahan terdampak di kecamatan Lubuk Sikarah diantaranya Sinapa Piliang, IX Korong, KTK, Aro IV Korong, VI Suku dan Tanah Garam.

baca juga: MK Putuskan Pilkada Kota Solok Tidak Masuk PHPU, KPU Tetapkan Paslon Terpilih

Kemudian, di kecamatan Tanjung Harapan, sebanyak 3 kelurahan terdampak diantaranya kelurahan Koto Panjang, kelurahan Nan Balimo serta kelurahan Pasir Pandan Air Mati (PPA).

Total, sebanyak 1.730 Kepala Keluarga atau 8.045 jiwa terdampak banjir di kota Solok . Hingga kini, belum ada dilaporkan kasus meninggal dunia akibat bencana banjir.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah