Alih Status, Mushalla Baitul Maqdis Jadi Masjid ke-61 di Kota Solok

Wako Solok, Zul Elfian meminta jemaah memakmurkan masjid Baitul Maqdis.
Wako Solok, Zul Elfian meminta jemaah memakmurkan masjid Baitul Maqdis. (Prokomp)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -Wali Kota Solok , Zul Elfian meresmikan alih status musala Baitul Maqdis kelurahan Kampung Jawa menjadi masjid, Jumat (8/1/2021).

Masjid Baitul Maqdis menjadi masjid ke 61 yang ada di kota Solok . Bertumbuhnya jumlah masjid seakan menjadi pertanda semakin meningkat kepedulian masyarakat terhadap pengembangan kehidupan beragama.

baca juga: Keluhkan Anosmia, Dokter Asal Kota Solok Positif Covid-19

Menurut Wali Kota Solok , Masjid menjadi salah satu tempat yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim, disamping tempat tinggal (rumah) dan tempat bekerja (kantor).

"Ada 3 tempat yang tidak lepas dari kehidupan kita sebagai seorang muslim, Rumah, Kantor atau Tempat kita bekerja, dan masjid atau musala," sebut Zul Elfian didampingi Kabag Kesra Heppy Dharmawan.

baca juga: Teganya, Pria di Kabupaten Solok Ini Cabuli Anak Tirinya Sendiri

Dalam artian, ulasnya, masjid dan musala tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat kota Solok yang mayoritas memeluk agama Islam. Masjid menjadi tempat untuk mencari keberkahan dari Allah SWT.

Mengingat hal itu, Pemerintah kota Solok terus berupaya membangun dan juga merehab masjid dan musala yang ada di kota Solok . Setidaknya sudah belasan masjid baru dan juga rehab berat yang didanai melalui APBD.

baca juga: Alami Beragam Gejala, Enam Warga Kota Solok Positif Covid-19

"Masjid yang representatif akan menjadi tempat yang nyaman bagi warga untuk beribadah. Oleh karena itu, besar harapan masjid dan musala dikelola dengan sebaik-baiknya untuk dimakmurkan menjadi tempat ibadah dan tempat pemersatu umat" pesan Zul Elfian.

Selain sebagai sarana utama dalam beribadah, mesjid juya diharapkan sebagai pusat pembentukan dan pembinaan generasi muda Islam. Salah satunya sebagai pusat untuk melahirkan hafiz Al-Qur'an.

baca juga: MK Putuskan Pilkada Kota Solok Tidak Masuk PHPU, KPU Tetapkan Paslon Terpilih

Dikatakan Zul Elfian, Mesjid juga mesti menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat. Salah satu melalui pengembangan lembaga keuangan mikro yang dapat ikut meringankan beban umat yang mendapat masalah keuangan.

"Jangan sampai umat terjerat kepada hal yang tidak sesuai syariah seperti rentenir. Untuk itu saya sarankan agar Mesjid Baitul Maqdis membentuk lembaga keuangan mikro tersebut," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah