Di Solsel 1037 sample Swab Diperiksa, Hanya 5 Sampel Dinyatakan Positif Covid-19

Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal
Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal (Ist)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Pjs Bupati Solok Selatan ( Solsel ) Jasman Rizal mengungkapkan dari 1037 sample Swab yang Diperiksa hanya 5 Sampel yang dinyatakan Positif Covid-19.

1037 sampel swab tersebut katanya, berasal dari 1037 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas pada hari pemungutan suara tanggal sembilan Desember mendatang.

baca juga: Dinkes Solsel Sebut Vaksin Diperlukan untuk Membentuk Kekebalan Kelompok Terhadap Virus Covid-19

"Hasil laboratorium Diagnostik Riset dan Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand pimpinan Dr Andani Eka Putra, Allhamdulillah positif covid Solsel sangat rendah dibandingkan jumlah sample spesimen PCR yang diperiksa. Artinya testing rate kita tinggi dan positivity rate kita terendah di Sumbar," ujar Jasman.

Data hari ini, katanya, dari 1.037 sample spesimen KPPS yang dilakukan test PCR, 5 orang dinyatakan terkonfirmasi positif terinfeksi covid-19.

baca juga: Setelah Geledah Dinas PU, Tim Kejari Lanjutkan Penggeledahan Ke Kantor BPKD Solsel

"Saya tadi langsung perintahkan Kadis Kesehatan Solsel untuk segera tracking, tracing dan segera mengisolasi yang bersangkutan. Hal ini bertujuan agar jangan menularkan kepada yang lain," ujar Jasman.

Solsel kata Jasman, terus berjibaku dan berkomitmen penuh melakukan berbagai upaya menahan merebanya covid-19. Pihaknya terus melakukan sosialisasi dan menerapkan protokol kesehatan secara masif.

baca juga: Satu Koper Berisi Dokumen Dibawa Tim Kejari Usai Geledah Ruang Dinas PU Solsel

"Hal ini kita buktikan dengan adanya pembentukan Nagari Tageh bersama Dr. Andani dan dibantu oleh NDC Unand dibawah koordinatornya Dr. Eri Gas Ekaputra. Target di tahun 2021 seluruh nagari adalah nagari tageh di Solsel ,"ujarnya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Khadijah