Pencanangan KKG PKK KB-Kesehatan Solsel, Irwan Prayitno Apresiasi Kinerja Kader PKK

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal memukul Gong menandai pencanangan KKG PKK KB-Kesehatan di HWB Solsel
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Pjs Bupati Solsel Jasman Rizal memukul Gong menandai pencanangan KKG PKK KB-Kesehatan di HWB Solsel (Ist)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno melakukan pemukulan Gong menandai pencanangan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Solok Selatan di Kawasan Wisata Hot Water Boom Kecamatan Pauh Duo, Selasa (17/11). Pada kesempatan itu pihaknya sangat mengapresiasi kader PKK yang tidak kenal lelah dan tanpa pamrih membantu masyarakat agar tetap hidup sehat.

Menurut Gubernur Irwan, keberhasilan PKK dalam upaya memberdayakan masyarakat sehingga terciptanya lingkungan yang sehat di tengah-tengah masyarakat tidak terlepas dari kerja keras kader PKK di lapangan.

baca juga: Dinkes Solsel Sebut Vaksin Diperlukan untuk Membentuk Kekebalan Kelompok Terhadap Virus Covid-19

"Ini luar biasa PKK, kerjanya kader turun ke lapangan tanpa pamrih, tanpa letih dan lelah, untuk memberikan pendidikan sosialisasi kepada ibu-ibu yang kemudian terbangun perilaku yang sehat dari tengah masyarakat," ungkapnya.

Kader PKK lanjutnya, juga sangat memberikan dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

baca juga: Setelah Geledah Dinas PU, Tim Kejari Lanjutkan Penggeledahan Ke Kantor BPKD Solsel

"Terus bergerak berjuang, Insya Allah mendapatkan amal jariah dan kami ucapkan terima kasih banyak," imbuhnya.

Disisi lain, untuk program keluarga berencana, ia sangat setuju dengan progam presiden jokowi yang tidak ada penekanan lagi untuk program dua anak cukup, melainkan merencanakan dan kualitas yang menjadi target utama.

baca juga: Satu Koper Berisi Dokumen Dibawa Tim Kejari Usai Geledah Ruang Dinas PU Solsel

"Sekarang bagaimana kita merencanakan pembangunan keluarga yang berkualitas, bukan orientasi pada dua anak" ungkapnya.

Itu artinya, bisa saja mempunyai anak lebih dari dua, namun harus direncanakan agar melahirkan generasi yang berkualitas kedepannya.

baca juga: FLASH: Kejari Geledah Kantor PU Solsel

Pjs Bupati Solok Selatan , Jasman Rizal mengatakan, KKG PKK KB-Kes merupakan hari yang bersejarah bagi PKK Solok Selatan agar selalu mewujudkan 10 program pokok PKK.

Pencanangan ini, lanjutnya, merupakan langkah sinergis lintas stakeholders dalam meningkatkan capaian pembangunan, khususnya program TP PKK di bidang kesehatan dan bidang keluarga berencana melalui pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Solok Selatan Ny Lasta Jasman mengatakan, 10 program pokok PKK tidak akan tercapai tanpa adanya bantuan dari OPD terkait, ia berharap hubungan baik antara OPD dan PKK tetap terjaga sehingga PKK Solok Selatan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Unand, Ketua DPRD Solsel , Kapolres, Kajari, Dandim, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Kepala OPD Sumbar, Organisasi Wanita, dan Kepala OPD Solok Selatan .

Penulis: Kamisrial | Editor: Khadijah