Jalani TCM, Seorang Ibu Hamil di Kota Solok Positif Covid-19

Sekretaris tim penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam
Sekretaris tim penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -Seorang ibu hamil berinisial IE (38) warga Galanggang Batuang, kelurahan Nan Balimo Kota Solok dinyatakan positif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), Selasa (24/11/2020).

Sebelum diketahui positif Covid-19, IE sempat menjalani Rapid Test lantaran hendak melakukan persalinan, dari pemeriksaan ternyata hasilnya reaktif dan dilakukan Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Mohammad Natsir.

baca juga: Keluhkan Anosmia, Dokter Asal Kota Solok Positif Covid-19

"Sebelumnya, yang bersangkutan juga mengalami gejala demam dan batuk, Hasil TCM yang dilakukan di RSUD M. Natsir ternyata hasilnya terkonfirmasi positif," ungkap Sekretaris tim penanganan Covid-19 kota Solok , Syaiful Rustam.

Pihak RSUD Mohammad Natsir memutuskan untuk melakukan perawatn di ruang isolasi rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Sumatra Barat itu, terlebih, pasien juga hendak melakukan persalinan.

baca juga: Teganya, Pria di Kabupaten Solok Ini Cabuli Anak Tirinya Sendiri

Selain itu, pada hari yang sama, seorang karyawan BRI berinisial DI (34) juga dinyatakan positif Covid-19. Warga kelurahan PPA itu sempat mengeluhkan gejala seperti mual, muntah dan demam.

"Untuk sementara waktu, DI menjalani isolasi mandiri di rumahnya, jadi hari ini ada penambahan 2 kasus positif baru di kota Solok ," terangnya.

baca juga: Alami Beragam Gejala, Enam Warga Kota Solok Positif Covid-19

Tim gugus tugas penanganan Covid-19 kota Solok melalui surveylans juga tengah melakukan tracking dan traching terhadap kontak erat kedua pasien untuk dilakukan tes swab.

Kabar baiknya, sepanjang Selasa ini, sebanyak 7 orang pasien Covid-19 asal kota Solok juga dinyatakan sembuh usai menjalani tes swab dua kali dengan hasil negatif.

baca juga: MK Putuskan Pilkada Kota Solok Tidak Masuk PHPU, KPU Tetapkan Paslon Terpilih

Dengan perubahan data itu menjadikan total kasus Covid-19 di kota Solok sebanyak 322 orang. Sementara jumlah pasien sembuh sebanyak 273 orang. Dirawat di rumah sakit 4 orang, isolasi mandiri 35 orang dan meninggal 8 orang.

"Melihat perkembangan kasus Covid-19 di kota Solok , kami menghimbau untuk betul-betul dengan penuh kesadaran menerapkan protokol kesehatan dalam menjalani setiap aktivitas sehari-hari," tutupnya.

Pihaknya mengingatkan masyarakat untuk disiplin menggunakan masker, sebab merupakan langkah pencegahan yang sangat efektif untuk menghindari terpapar Corona, serta membiasakan cuci tang serta menjaga jarak.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah