Innovation Expo Bakal Meriahkan HUT ke-50 Kota Solok

Pjs. Wako Solok, Asben Hendri dan rombongan saat konsultasi Innovation Expo di Kemendagri
Pjs. Wako Solok, Asben Hendri dan rombongan saat konsultasi Innovation Expo di Kemendagri (Prokomp)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Menyonsong peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 50 kota Solok , Pemerintah kota Solok mempersiapkan sejumlah rangkaian kegiatan dan inovasi untuk menyemarakkan HUT emas kota Solok .

Dikatakan Pjs. Wali Kota Solok , Asben Hendri, menyonsong 50 tahun kota Solok , Pemerintah daerah sebelumnya juga sudah menyiapkan berbagai rangkaian kegiatan, namun terpaksa dibatalkan lantaran kondisi Covid-19.

baca juga: Saat Peringatan Hari AIDS Sedunia Empat Warga Solok Dinyatan Positif

"Segala persiapan dan kegiatan yang dirancang jauh-jauh hari harus dibatalkan karena adanya wabah Covid-19," ungkap Pjs. Wako Solok , Asben Hendri, Jumat (13/11/2020).

Menurutnya, seiring dengan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), maka kegiatan dalam rangka HUT kota Solok disesuaikan dengan kondisi daerah saat ini. Apalagi, HUT emas merupakan momentum penting bagi pemerintah daerah dan masyarakat kota Solok .

baca juga: Harimau Masuk Kampung, Masyarakat Danau Kembar Diminta Waspada

"Tentunya kita tidak mau melewati momentum penting ini dengan biasa saja, maka kita bakal menggelar Innovation Expo yang disesuaikan pelaksanaannya dengan protokol kesehatan Covid-19," terangnya.

Keberanian ini, didasari atas prinsip bahwa kondisi pandemi Covid-19 jangan sampai menghentikan aparatur dan masyarakat untuk berinovasi. Apalagi dengan kondisi sekarang, diharapkan melalui inovasi-inovasi semakin memudahkan melewati masa pandemi.

baca juga: Besok, Madra Indriawan Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Solok

Dijelaskannya, melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Solok , Innovation Expo direncanakan bakal digelar selama dua hari dari 14 - 15 Desember 2020.

Ekspo Inovasi juga akan dipadu dengan festival ekonomi kreatif. Dalam event akan ada Konvensi Inovasi, yang saat ini kompetisi inovasi telah berjalan dan diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kota serta Instansi Vertikal yang ada di Kota Solok .

baca juga: KPK RI Evaluasi Pelaksanaan RAD PPK Kota Solok

Menindaklanjuti rencana tersebut, sebelumnya, Pjs. Wako Solok bersama stakeholder terakit sudah melakukan pertemuan dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri dan Lembaga Administrasi Negara RI di Jakarta, Kamis - Jumat (12-13/11/2020).

Rencana Innovation Expo mendapat sambutan positif dari Plh. Kepala BPP Kemendagri, DR. Kurniasih. Pihaknya menilai, dimasa pandemi sekarang, inovasi-inovasi sangat diperlukan terutama yang sangat berkaitan dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru.

"BPP sangat mendukung inovasi-inovasi yang dilakukan daerah. Namun jangan sampai berhenti di tataran ekspo tapi dapat lebih aplikatif," ungkap Asih.

Dukungan serupa juga didapatkan Pemko Solok dari LAN-RI, Deputi bidang kajian kebijakan dan inovasi administrasi negara, Tri Widodo. Menurutnya, kota Solok harus tetap berinovasi ditengah pandemi.

" Kota Solok sebagai Kota pertama yang pernah melaksanakan ekspo inovasi, d Alhamdulillah Kota Solok tetap menjaga keberlanjutannya. Kita berharap Ekspo Inovasi ini menjadi branding bagi Kota Solok " ungkapnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah