Kembali Dari Luar Daerah, Pjs. Wako Solok Langsung Tes Swab

Pjs. Wako Solok, Asben Hendri melakukan tes swab di kediamannya.
Pjs. Wako Solok, Asben Hendri melakukan tes swab di kediamannya. (Prokomp)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF -Baru saja kembali dari dinas luar daerah, Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Solok , Asben Hendri langsung menjalani tes swab di kediaman dinasnya, Minggu pagi (25/10/2020).

Tes swab dilakukan oleh sejumlah tim analis posko Covid-19 kota Solok , tidak hanya Pjs. Wali Kota, staf beserta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah yang ikut juga menjalani tes swab.

baca juga: Saat Peringatan Hari AIDS Sedunia Empat Warga Solok Dinyatan Positif

Tes swab dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan pemeriksaan dini penyebaran virus Corona terhadap siapa saja yang baru saja kembali dari luar daerah, apalagi dari daerah terjangkit.

Menurut Asben Hendri, seluruh masyarakat yang kembali dari luar daerah juga harus melakukan tes swab. Hal itu untuk meminimalisir potensi penyebaran virus di kota Solok .

baca juga: Harimau Masuk Kampung, Masyarakat Danau Kembar Diminta Waspada

"Kita lakukan ini untuk mencegah terjadinya hal-hal tak diinginkan. Siapa bilang test swab sakit. Jadi tidak ada alasan untuk tidak swab," ungkap Asben Hendri.

Apalagi, ulasnya, sesuai instruksi Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, bagi seluruh pejabat yang kembali dari luar daerah harus menjalani tes swab, tanpa ada pengecualian.

baca juga: Besok, Madra Indriawan Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Solok

Namun, bebernya, terlepas dari instruksi tersebut, tes swab juga bentuk dari sebuah kesadaran diri untuk mengetahui kemungkinan tertular atau menularkan virus Corona.

"Hal ini (tes swab) juga harus dilakukan oleh siapa saja pejabat di lingkungan pemerintah kota Solok termasuk masyarakat, kalau kembali dari perjalanan luar daerah, langsung tes swab," tegasnya.

baca juga: KPK RI Evaluasi Pelaksanaan RAD PPK Kota Solok

Asben mengatakan, kendati sudah menerapkan protokol kesehatan pencegahan, bukan berarti kemungkinan untuk tertular itu tidak ada. Makanya, dipastikan melalui tes swab.

Terkait perkembangan kasus terkonfirmasi Kota Solok akhir-akhir ini, Asben Hendri mengingatkan seluruh stakeholder terutama yang tergabung dalam satuan tugas penanganan Covid-19 untuk tidak bosan-bosannya mengingatkan masyarakat.

"Tidak hanya mengingatkan dan mensosialisasikan, tapi juga dengan mencontohkan disiplin melaksanakan protokol kesehatan baik perorangan maupun tempat kerja, tempat usaha dan tempat lainnya," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah