Group Randai Gombang Alam Harumkan Nama Kota Solok di Tingkat Provinsi

Group randai Gombang Alam usai ditetapkan sebagai 5 peserta terbaik festival Randai se Sumatra Barat tahun 2020
Group randai Gombang Alam usai ditetapkan sebagai 5 peserta terbaik festival Randai se Sumatra Barat tahun 2020 (Ist)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Grup Randai Gelombanv Alam asal Kota Solok berhasil mencatatkan prestasi dalam festival kesenian tradisional Randai se - Sumatra Barat tahun 2020.

Group Randai Gombang Alam berhasil masuk lima group randai terbaik di Sumatra Barat dalam festival yang dilaksanakan dari 17-19 September 2020 lalu di Taman Budaya Kota Padang.

baca juga: Resmikan Masjid Baabul Jannah, Bupati Solok Teringat Masa Kecilnya

Festival Randai tersebut merupakan agenda kegiatan tahunan Dinas Kebudayaan propinsi Sumatera Barat, sedikitnya tahun ini diikuti oleh 80 group dari seluruh wilayah di Sumatra Barat.

Pembina group randai Gombang Alam Kota Solok , Carles Saputra mengatakan, karena kondisi Covid-19 seleksi awal dilakukan secara online oleh kurator Dinas Kebudayaan Propinsi Sumatera Barat.

baca juga: Salahi Aturan, Bawaslu Solok Telah Tertibkan 1.916 APK

"Awalnya terpilih 15 grup randai, termasuk Grup Randai Gombang Alam dari Kota Solok yang tampil di ajang Festival Randai ini, sebuah kehormatan bagi kita bisa mewakili kota Solok ," ungkap Carles, Jum'at (25/9/2020).

Dikatakannya, untuk tampil di festival tingkat provinsi Sumatra Barat, dirinya bersama anggota group randai melakukan latihan jauh-jauh hari agar performa maksimal bisa ditampilkan.

baca juga: Tepati Janji, Andre Realisasikan Bantuan untuk Tiga Masjid di Kabupaten Solok

Bahkan, ulasnya, latihan yang awalnya dilakukan oleh 28 orang anggota randai dilakukan setiap hari jelang penampilan, sekaligus melakukan seleksi. Dari 28 orang, akhirnya dibawa sebanyak 22 orang.

"Lolos kurasi seleksi awal, kami langsung maksimalkan latihan, hampir tiap malam. Memang sengaja dilakukan malam agar konsentrasi latihan bisa meningkat," tutur kasi KL BPBD Kota Solok itu.

baca juga: Kasus Covid-19 di Kota Solok Terus Bertambah, Masyarakat Diimbau Terapkan 4 M

Membawakan naskah Gombang Alam Sari Ameh, sebuah naskah yang bercerita tentang kisah percintaan yang ditentang orang tua, group randai kota Solok berhasil memukau juri dari pihak Dinas Kebudayaan dan Parktisi Sastra dan seni budaya dari ISI Padang Panjang.

Selain menjadi ajang prestasi dan mengharumkan nama daerah, prestasi yang diraih menjadi salah satu upaya dalam melestarikan kekayaan seni budaya daerah yang sudah mulai tersisih.

Lima grup randai terbaik Sumbar 2020 diantaranya Sanggar Puti Elok dari Payakumbuh, Sanggar Bungo Satangkai dari Kab. limapuluh Kota, Alang Babega dari Kota Sawahlunto, Alang bangkeh dari Padang Panjang dan Gombang Alam dari Kota Solok .

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah