10 Pasien COVID-19 Kota Solok Sembuh, 39 Masih Isolasi

Sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 kota Solok, Syaiful Rustam
Sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 kota Solok, Syaiful Rustam (Prokomp)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -Usai menjalani perawatan dan karantina khusus di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Natsir Solok , Dua orang pasien positif Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) asal kota Solok dinyatakan sembuh.

Keduanya merupakan pasien 11 berinisial DS warga kelurahan Pasar Pandan Air Mati (PPA) dan pasien 13 berinisial YA warga kelurahan VI Suku, Kota Solok . Keduanya sudah diizinkan kembali pulang.

baca juga: Jabat Pjs Wako Solok, Ini Tiga Prioritas Utama Asben Hendri

Sementara itu, pasien 10 berinisial Ny. F yang merupakan istri pasien 11, masih dinyatakan positif setelah dilakukan konversi. Akan tetapi karena sudah tidak menunjukkan ada gejala secara medis, pihak RSUD telah memperkenankan untuk menjalani isolasi mandiri.

"Kendati sudah diizinkan pulang, pasien 10 tetap menjalani isolasi secara mandiri di rumah dan tetap dalam pengawasan tim medis," ungkap sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 kota Solok , Syaiful Rustam, Rabu (12/8/2020).

baca juga: Asik Nongkrong di Warung, Pelaku Narkoba Diciduk Polisi di Solok

Total sudah 10 orang pasien positif kota Solok yang sudah dinyatakan sembuh dan diizinkan kembali ke rumah masing-masing, baik yang di karantina di BPSDM Sumbar maupun yang sebelumnya menjalani perawatan medis.

Dari data tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 kota Solok , sampai saat ini total kasus positif COVID-19 di kota Solok sudah sebanyak 49 kasus. Pasien berasal dari beragam latar belakang, ada ASN maupun masyarakat biasa. Ada lansia maupun anak-anak.

baca juga: Gawat Darurat, Warga Kota Solok Bisa Hubungi Call Center 112

Sisanya masih ada 39 orang yang masih dinyatakan positif, sebanyak 25 orang diantaranya menjalani isolasi secara mandiri di rumah masing-masing, 9 orang diisolasi di posko Banda Panduang dan selebihnya diisolasi di BPSDM Padang.

Kasus positif COVID-19 di kota Solok tersebar di dua kecamatan yakni kecamatan Lubuk Sikarah sebanyak 25 orang, dengan jumlah yang sembuh 7 orang. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Tanjung Harapan berjumlah 24 orang dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 3 orang.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

Tim gugus tugas berharap masyarakat sekitar memberikan semangat dan dukungan bagi pasien positif agar lebih cepat sembuh, terutama dari pihak keluarga, sebab akan berdampak dalam percepatan upaya penyembuhan.

"Terkonfirmasi positif Covid-19 bukanlah sebuah aib sehingga harus dijauhi apalagi dikucilkan. Akan tetapi sebaliknya, dukungan dan peran serta kita ikut membantu percepatan pemulihan kondisi setiap pasien terkonfirmasi. Terutama yang menjalani isolasi mandiri," harapnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah