Sebaran Kasus COVID-19 di Kota Solok, Lubuk Sikarah Tertinggi

Posko penjaringan COVID-19 kota Solok di Banda Panduang
Posko penjaringan COVID-19 kota Solok di Banda Panduang (Prokomp)

SOLOK , KLIKPOSITIF -Tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 kota Solok segera melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap lima orang pasien positif baru melalui tim medis khusus, untuk menentukan langkah penanganan selanjutnya.

Usai pemeriksaan kesehatan, lima pasien positif COVID-19 asal kota Solok yakni pasien 16, 17, 18, 19 dan 20 segera dibawa ke pusat karantina wabah Corona di BPSDM Sumbar, kawasan Padang Basi, Kota Padang untuk menjalani perawatan dan isolasi.

baca juga: Jabat Pjs Wako Solok, Ini Tiga Prioritas Utama Asben Hendri

"Pasien 21 yang masih Balita, menjalani isolasi mandiri di kediamannya, langsung dibawah pengawasan tim medis Gugus Tugas," ungkap sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kota Solok , Syaiful Rustam, Rabu (5/8/2020).

Terkait dengan tracking terhadap kontak erat dari 6 pasien baru yang diumumkan kemarin, tim Surverylans kota Solok sudah mendapatkan daftar kontak erat dengan pasien. Sepanjang Rabu (5/8/2020), tim mencatat 14 orang kontak erat dengan pasien 19, 20 dan 21.

baca juga: Asik Nongkrong di Warung, Pelaku Narkoba Diciduk Polisi di Solok

"Hari ini terdata sebanyak 14 orang kontak erat dengan pasien positif kemarin, kita akan lanjutkan terus tracking dan tracing sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran, kontak erat nantinya akan menjalani swab," terangnya.

Sampai saat ini, total kasus COVID-19 di kota Solok sudah mencapai 21 kasus. 6 orang sudah dinyatakan sembuh total dan kembali beraktivitas seperti semula, sementara 4 orang dirawat di Rumah Sakit, 3 orang Isolasi Mandiri dan 8 orang isolasi di BPSDM Sumbar.

baca juga: Gawat Darurat, Warga Kota Solok Bisa Hubungi Call Center 112

Sebaran kasus COVID-19 di kota Solok didominasi oleh kecamatan Lubuk Sikarah dengan 14 kasus. Sebarannya yakni di kelurahan Sinapa Piliang sebanyak 3 orang dan telah sembuh. Kemudian Kelurahan VI Suku sebanyak 4 orang.

Kelurahan IX Korong sebanyak 1 kasus, Kelurahan Aro IV Korong sebanyak 1 orang, Kelurahan Simpang Rumbio 2 orang, Kelurahan Tanah Garam sebanyak 3 orang. Kelurahan Kampai Tabu Karambia (KTK) tanpa kasus.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

Sementara itu di Kecamatan Tanjung Harapan sebanyak 7 kasus yang tersebar di Kelurahan Pasar Pandan Aiamati (PPA) sebanyak 2 orang, Kelurahan Nan Balimo sebanyak 3 orang, Kelurahan Tanjung Paku sebanyak 2 orang.

"Tiga kelurahan lainnya masih nihil diantaranya, Kelurahan Koto Panjang, Kelurahan Kampung Jawa dan kelurahan Laing. Total 4 kelurahan di kota Solok masih bersih dari kasus Covid-19," tutupnya.

Tim gugus tugas juga sangat mengkhawatirkan terjadinya local Transmission sebab wabah bisa menyebar luas. Untuk itu tim gugus tugas meminta masyarakat untuk peduli dan patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19.

"Bagi siapapun yang baru pulang bepergian dari luar sumbar, terutama dari daerah yang kategori merah, segera lakukan test PCR/SWAB secara gratis. Seluruh biaya test PCR ini ditanggung oleh Pemprov Sumbar," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah