HUT ke-75 RI, Masyarakat Kota Solok Diminta Kibarkan Bendera Sebulan Penuh

Wali Kota Solok, Zul Elfian
Wali Kota Solok, Zul Elfian (Prokomp)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian meminta masyarakat untuk ikut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, dengan memasang bendera merah putih, umbul-umbul dan dekorasi.

"Mari kita kibarkan semangat kemerdekaan bangsa Indonesia dengan memasang bendera merah putih selama satu bulan penuh pada bulan Agustus 2020," ungkap Zul Elfian, Selasa (4/8/2020) di Balaikota Solok .

baca juga: Jabat Pjs Wako Solok, Ini Tiga Prioritas Utama Asben Hendri

Pemasangan bendera merah putih tidak hanya diharuskan di setiap rumah-rumah warga, namun juga di berbagai perkantoran pemerintah daerah, BUMN, BUMD, Sekolah-sekolah dan juga tempat-tempat usaha.

Dikatakan Zul Elfian, pemasangan Bendera merah putih merupakan salah satu bentuk rasa bangga dan hormat atas kemerdekaan yang harus dibayar dengan mahal oleh para pejuang dan pendiri bangsa. Bahkan harus ditunaikan dengan korban nyawa.

baca juga: Asik Nongkrong di Warung, Pelaku Narkoba Diciduk Polisi di Solok

"Mari sama-sama kita hargai perjuangan para pejuang, kibarkan terus semangat kemerdekaan, mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif. Kita Do'akan mereka yang telah berjuang untuk negri ini," ajaknya.

Terkait dengan dekorasi dan hiasan lainnya dalam menyemarakkan HUT ke-75 Republik Indonesia, instansi dan masyarakat bisa merujuk pada logo dan desain turunan yang bisa diakses melalui www. Setneg.go.id.

baca juga: Gawat Darurat, Warga Kota Solok Bisa Hubungi Call Center 112

Setidaknya, dengan pemasangan bendera, umbul-umbul dan dekorasi, HUTRI akan lebih semarak ditengah pandemi COVID-19. Memang sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya, berbagai kegiatan menyambut HUTRI dibatasi.

"Memang karena kondisi Pandemi, berbagai kegiatan yang biasanya memeriahkan HUT-RI di Bulan Agustus dibatasi, untuk menghindari kerumunan dalam mencegah penyebaran virus Corona," terangnya.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

Terkait pelaksanaan Upacara, menurut Kabag Prokomp kota Solok , Nurzal Gustim memang sangat jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Petugas dan peserta sangat dibatasi dengan mengutamakan protokol kesehatan.

"Upacara pengibaran bendera dilakukan di kantor Balaikota Solok , dengan standar prokes COVID-19, kemudian nantinya dilanjutkan dengan peringatan detik-detik proklamasi dengan mengikuti rangkaian acara dari Istana Negara," terangnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah