Tes Swab Mandiri di Padang, Satu Warga Kota Solok Positif COVID-19

Sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 kota Solok, Syaiful Rustam
Sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 kota Solok, Syaiful Rustam (Ist)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Satu orang lagi warga Kota Solok dinyatakan positif Corona Virus Desease 2019 (COVID-19). Penambahan pasien baru tersebut berdasarkan hasil swab mandiri yang dilakukan di Rumah Sakit BMC Padang.

Informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF melalui tim percepatan penanganan COVID-19 kota Solok menyebutkan, warga yang terkonfirmasi positif yakni pria berinisial ZA (19). Warga komplek Nusa Indah, Tanah Garam.

baca juga: Musala Al-Muhajirin Kota Solok Beralih Status Menjadi Masjid

"Betul, ada penambahan 1 orang pada hari ini, yakni ZA (19) yang bekerja sebagai pegawai di Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota Solok ," Ungkap sekretaris tim, Syaiful Rustam, Minggu (2/8/2020).

Dari hasil pendalaman yang dilakukan Surveylans kota Solok diketahui, diketahui, yang bersangkutan berencana untuk melakukan perjalanan luar daerah pada 2 Agustus 2020.

baca juga: Seorang Santri Ponpes di Kota Solok Positif COVID-19

"Yang bersangkutan melakukan rapid test di klinik Assabil pada 29 Juli 2020 lalu, hasilnya reaktif. Keesokan harinya juga dilakukan rapid test di Labor Paramita Padang dan hasilnya juga reaktif," terangnya.

Karena hasil rapid test menunjukkan respon reaktif, yang bersangkutan kemudian dirujuk melakukan swab test di Rumah Sakit BMC Padang, setelah dilakukan uji laboratorium diketahui ZA memang positif COVID-19.

baca juga: Mau Berangkat ke Batam, Satu Warga Muaro Paneh Solok Terdeteksi Positif COVID-19

"Memang sebelumnya, yang bersangkutan mengaku sempat merasakan gejalanya, yakni kehilangan penciuman selama dua hari. Dan gejala tersebut terjadi pada Juni 2020 lalu,"paparnya.

Tim surveilans langsung melakukan tracing dan tracking terhadap pasien dan keluarganya tersebut, didapatkan 15 orang kontak erat dengan pria yang terdaftar sebagai pasien 015 kota Solok itu.

baca juga: Budayakan Olahraga, Pemko Solok Inisiasi Program Jumat Bersepeda

Hari ini, tim Surveylans juga melakukan pengambilan sampel terhadap seluruh kontak erat. Termasuk 48 orang kontak erat dengan pasien 12, 13 dan 14. Total seluruhnya berjumlah 63 orang.

Penambahan satu kasus terkonfirmasi positif merubah akumulasi pasien positif COVID-19 menjadi 15 orang, dengan total yang telah sembuh sebanyak 6 orang. Sisanya masih menjalani perawatan dan juga isolasi.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah