Pasien Positif 05 COVID-19 Kota Solok Dirawat di RSUD M. Natsir

Sekretaris gugus tugas Penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam
Sekretaris gugus tugas Penanganan Covid-19 kota Solok, Syaiful Rustam (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Pasca dinyatakan positif, pasien 05 Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) kota Solok menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum (RSU) Mohammad Natsir, Kota Solok . Perawatan dilakukan sesuai protokol penanganan pasien Covid-19.

Sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kota Solok , Syaiful Rustam mengatakan, timnya juga telah melakukan pengambilan sampel swab terhadap orang yang memilikinkontak erat dengan pasien 05.

baca juga: Musala Al-Muhajirin Kota Solok Beralih Status Menjadi Masjid

"Kemarin kita sudah melakukan pengambilan sampel terhadap sejumlah kontak erat dengan pasien 05, ditambah sampel Pelaku Perjalanan Pada Daerah Terjangkit (PPT), dan personil kepolisian dan pelaku pariwisata," terangnya, Jum'at (3/7/2020).

Secara keseluruhan pada hari kemarin di pusat penanganan Covid-19 di Banda Panduang, total sampel swab yang diambil dan dikirim ke laboratorium diagnostik dan riset terpadu penyakit infeksi Fakultas Kedokteran Unand sebanyak 65 sampel.

baca juga: Seorang Santri Ponpes di Kota Solok Positif COVID-19

Hingga hari ini, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif di kota Solok berjumlah 5 orang, dengan rincian, 1 orang sudah sembuh, 3 orang masih dirawat diisolasi di BPSDM Padang Basi dan 1 orang dirawat di RSU M. Natsir, Kota Solok .

Dijelaskannya, sepanjang 3 Juli 2020, terjadi penambahan jumlah Pasien Dalam Pangawasan (PDP) sebanyak 1 orang. Dengan begitu, total keseluruhan PDP di kota Solok sudah menjadi 9 orang, dan satu diantaranya dinyatakan positif.

baca juga: Mau Berangkat ke Batam, Satu Warga Muaro Paneh Solok Terdeteksi Positif COVID-19

Hingga pukul 11.50 Wib.,tercatat penambahan jumlah Pelaku Perjalan pada daerah Terjangkit sebanyak 15 orang. Semua PPT sudah terdata dan melaporkan diri. Pemantauan terus dilakukan terhadap PPT yang masuk ke kota Solok .

"Terus ada penambahan PPT, sesuai dengan prosedur, mereka melaporkan diri dan didata kemudian dilakukan pemantauan, total jumlah PPT sampai hari ini 2.038 orang, 173 orang diantaranya masih dalam proses pemantauan," rincinya.

baca juga: Budayakan Olahraga, Pemko Solok Inisiasi Program Jumat Bersepeda

Sebelumnya, kota Solok kembali dikejutkan dengan bertambahnya 1 orang pasien yang dinyatakan positif Covid-19. Lansia berinisial S (82) dinyatakan positif terpapar Covid-19 setelah dua kali pengujian swab melalui laboratorium.

Melihat perkembangan Covid-19 di kota Solok , tim gugus tugas mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tidak menurunkan kewaspadaannya terhadap ancaman penyebaran virus Corona.

"Kami tidak bosan-bosannya mengajak kita semua senantiasa berdoa, semoga di hari-hari kedepan tidak ada penambahan. Disamping itu, mari kita semua dapat menjalani adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif aman Covid-19 dengan disiplin menerapkan Protokol kesehatan dalam melaksanakan setiap aktivitas sehari-hari," tutupnya.

Editor: Khadijah