Kelurahan IX Korong, Kampung Tangguh COVID-19 Kota Solok

Kapolres Solok Kota, AKBP Ferry Suwandi mencanangkan kelurahan IX Korong sebagai Kampung Tangguh Covid-19
Kapolres Solok Kota, AKBP Ferry Suwandi mencanangkan kelurahan IX Korong sebagai Kampung Tangguh Covid-19 (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -Kelurahan IX Korong, kecamatan Lubuk Sikarah didapuk sebagai kawasan kampung tangguh Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Kampung Tangguh Negeri Sembilan IX Korong dijadikan percontohan dalam penanganan virus Corona di kota Solok .

Menurut Wakil Wali Kota Solok , Reinier, Kampung Tangguh merupakan solusi gagasan Kapolri untuk mengatasi pandemi Covid-19, Kampung Tangguh mengusung tiga konsep dasar yang harus dipenuhi.

baca juga: Musala Al-Muhajirin Kota Solok Beralih Status Menjadi Masjid

"Tiga konsep dasar Kampung Tangguh yakni ketahanan Kesehatan, Keamanan dan Ketahanan Pangan," ungkap Reinier saat pencanangan Kampung Tangguh Negeri Sembilan IX Korong, Kota Solok , Kamis (2/6/2020).

Reinier yakin, dengan kerjasama seluruh elemen yang ada di kelurahan, mulai dari pemuda parik Nagari, Unsur Niniek Mamak dan tokoh adat, tokoh agama dan pemerintahan, Kampung Tangguh Covid-19 bisa diwujudkan.

baca juga: Seorang Santri Ponpes di Kota Solok Positif COVID-19

Namun demikian, pihaknya meminta seluruh elemen masyarakat untuk memulai dari diri sendiri. Penuh kesadaran dalam menerapkan protokol kesehatan pada masa normal baru atau new normal.

Sektor keamanan dalam masa pandemi Corona juga harus menjadi perhatian. Pada masa pandemi, masyarakat harus tetap waspada terhadap potensi kejahatan. Begitu juga dengan penguatan ketahanan pangan.

baca juga: Mau Berangkat ke Batam, Satu Warga Muaro Paneh Solok Terdeteksi Positif COVID-19

"Pemerintah Kota Solok sudah menyalurkan dana per kelurahan, diminta kepada Lurah agar mengawasi dan mengarahkan dana itu untuk peningkatan program pemberdayaan masyarakat," tutupnya.

Sementara itu, Kapolres Solok Kota, AKBP Ferry Suwandy mengatakan, Kampung Tangguh Nusantara setiap kabupaten dan Kota di Indonesia harus ada untuk mencegah dan menghambat penyebaran Virus Covid-19.

baca juga: Budayakan Olahraga, Pemko Solok Inisiasi Program Jumat Bersepeda

"Kendati kita sudah masuk ke Tatanan Kehidupan Baru Produktif dan Aman Covid-19. Bukan berarti wabah ini sudah berakhir, kita harus tetap bersama mencegah dan mengendalikan pandemi Covid-19," terangnya.

Kampung Tangguh Nusantara merupakan amanat Kapolri sebagai wujud memperkuat ketahanan negara dari pandemi Covid-19. Kelurahan IX Korong dipilih sebagai percontohan di kota Solok .

"Kita (Polres Solok Kota) akan berikan pelatihan dalam penerapan Kampung Tangguh. Kampung Tangguh tersebut dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah