Pasar Abdurrahman Bin Auf, Alternatif Baru Belanja Masyarakat Kota Solok

Wako Solok Zul Elfian memantau aktivitas jual beli di pasar syariah Abdurrahman Bin Auf
Wako Solok Zul Elfian memantau aktivitas jual beli di pasar syariah Abdurrahman Bin Auf (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian meresmikan pasar Abdurrahman Bin Auf, Terminal Bareh Solok , Jum'at (26/6/2020). Pasar yang didapuk sebagai pasar syariah ini menjadi percontohan pasar tertib ukur dan mengacu pada sistim niaga bernuansa islami.

Dikatakan Zul Elfian, Pasar Syariah Abdurrahman Bin Auf menjadi alternatif untuk pemecahan konsentrasi Pasar Raya Solok yang dinilai sudah sangat semrawut. Sejumlah pedagang pasar raya Solok sudah dialihkan ke pasar syariah beberapa waktu lalu.

baca juga: Pulang Kampung ke Solok, Audy Joinaldy Silaturahmi dengan Pers

"Pasar Abdurrahman Bin Auf menjadi pasar rakyat berbasis Syariah, bersih dan nyaman dengan kelas pasar modern," ungkap Zul Elfian usai menandatangani prasasti peresmian pasar syariah Abdurrahman Bin Auf.

Ditegaskannya, Barang yang dijual harus Halal, jelas asal usul, bentuk dan mutunya. Ukuran timbangan juga harus bisa dipertanggungjawabkan. Begitu juga harga, tidak boleh mahal namun harus berkeadilan.

baca juga: Pulang dari Palembang, Warga Solok Positif Covid-19

"Secara bertahap, kita akan terus benahi pasar Syariah agar lebih nyaman, kita berharap terus berkembang dan menjadi pusat perekonomian kedua setelah pasar raya Solok ," sebut Zul Elfian.

Sementara itu kepala dinas perdagangan, koperasi dan UKM, Bujang Putra menjelaskan, pasar rakyat memiliki peranan penting menggerakkan perekonomian masyarakat. Pasar rakyat memiliki berbagai keunggulan.

baca juga: ASN Kota Solok Bantu Mantan Pasien COVID-19

"Harga yang ditawarkan relatif murah dan terjadi proses tawar menawar, serta pilihan barang dagangan yang disediakan lebih beragam. Kelebihan pasar rakyat inilah yang akan kita optimalkan kedepannya," terangnya.

Dijelaskannya, Saat ini, Pasar Raya Kota Solok sudah kurang memadai, terutama soal kapasitasnya yang sudah tidak lagi sesuai dengan kondisi. Dengan dialihkannya konsentrasi Pasar Raya Solok , akan mudahkan untuk dibenahi.

baca juga: Ratusan Tenaga Medis dan Guru di Kota Solok Ikuti Tes Swab

"Pasar syariah dikelola dengan cara syariah, tertib ukur dan bernuansa islami. Transaksi di pasar syariah ini akan dilakukan dengan menggunakan koin dan voucher," ujarnya.

Kadis Perdagangan Provinsi Sumbar, Asben Hendri mengatakan, memindahkan pedagang dan pembeli ke tempat baru bukanlah hal yang mudah, harus ada acuan yang jelas dan tegas.

"Dengan konsep dari Wali Kota Solok yang mendorong ASN di lingkungan Pemko Solok belanja di Pasar Syariah ini sangat bagus sekali. Semoga perlahan-lahan masyarakat akan semakin ramai belanja di pasar syariah ini," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah