Pemeriksaan LKPD 2019, Kota Solok Pertahankan Opini WTP

Wako Solok, Zul Elfian menandatangani serah terima LHP LKPD 2019 di Balaikota Solok
Wako Solok, Zul Elfian menandatangani serah terima LHP LKPD 2019 di Balaikota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Kota Solok mendapat kabar gembira ditengah wabah virus Corona. Daerah berjuluk Kota Beras Serambi Madinah mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Luar biasanya, ini merupakan kali keempat secara berturut-turut.

Kabar gembira itu diterima Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian saat serah terima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 dari Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Yusna Dewi.

baca juga: Pulang Kampung ke Solok, Audy Joinaldy Silaturahmi dengan Pers

Berbeda dari biasanya, serah terima LHP LKPD kota Solok dilakukan secara virtual di e-Gov Monitoring Room Balaikota Solok , Kamis (25/6). Momen tersebut juga disaksikan secara virtual oleh ketua DPRD Kota Solok , Yutris Can.

Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Yusna Dewi mengatakan, Kota Solok , Kabupaten Agam dan Kabupaten Pasaman telah melaporkan LKPD pada tanggal 13 Maret 2020, lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

baca juga: Pulang dari Palembang, Warga Solok Positif Covid-19

Menurutnya, hasil pemeriksaan memang agak terlambat dari jadwal yang telah ditentukan seiring dengan adanya wabah Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di wilayah Sumatra Barat.

"Atas pemeriksaan yang telah dilakukan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku, ketiga daerah ini ( Kota Solok , Kabupaten Agam dan Kabupaten Pasaman) mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," sebut Yusna Dewi.

baca juga: ASN Kota Solok Bantu Mantan Pasien COVID-19

Pihaknya meminta, ketiga daerah untuk terus mendorong pengelolaan keuangan dengan praktik pengelolaan keuangan yang baik. Selain itu, juga harus memperhatikan tindak lanjut terhadap rekomendasi yang diberikan oleh BPK.

"Ini perlu menjadi perhatian, kami minta ketiga daerah agar mempercepat penyelesaian tindak lanjut dari Laporan Hasil Pemeriksaan tersebut," ujarnya.

baca juga: Ratusan Tenaga Medis dan Guru di Kota Solok Ikuti Tes Swab

Sementara itu, Wako Solok Zul Elfian sangat bersyukur dengan opini WTP yang diraih kota Solok secara berturut-turut selama empat tahun terakhir. Menurutnya, hal itu tidak lepas dari dukungan OPD dan DPRD kota Solok .

"Kami memahami, dalam LKPD ini masih ada kekurangan dan akan menjadi acuan untuk perbaikan kedepannya, ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak, terutama BPK RI Perwakilan Sumbar," sebutnya.

Dikatakannya, Opini WTP yang diraih empat kali berturut-turut, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan pengelolaan keuangan yang lebih baik lagi kedepannya.

"Insya Allah, catatan-catatan yang ada untuk kami, akan segera ditindak lanjuti," tutupnya.

Ketua DPRD Kota Solok , Yutris Can mengatakan, dengan diraihnya opini WTP empat kali oleh kota Solok secara berturut menunjukkan adanya peningkatan dalam pengelolaan sistem keuangan daerah.

"Alhamdulillah, Pemko Solok dan DPRD diberikan kepercayaan Opini WTP untuk keempat kalinya, sebagai wakil masyarakat dalam pengawasan, DPRD Kota Solok selalu mendorong pengelolaan keuangan yang tertib dan baik, demi kesejahteraan masyarakat," tutup Yutris Can.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah