Kota Solok Jadi Percontohan Bagi Peserta PKN LAN Makasar

Wako Solok, Zul Elfian terima visitasi virtual peserta PKN LAN Makasar
Wako Solok, Zul Elfian terima visitasi virtual peserta PKN LAN Makasar (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Kota Solok menjadi daerah laboratorium percontohan bagi peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan VIII dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makasar.

Kunjungan secara virtual diterima langsung Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian, Kamis (25/6/2020) di E-Gov Monitoring Room Balaikota Solok . Kunjungan virtual itu setidaknya diikuti oleh 51 orang peserta PKN Tingkat II LAN Makasar.

baca juga: Pulang Kampung ke Solok, Audy Joinaldy Silaturahmi dengan Pers

Dari banyak daerah di Sumatra, Kota Solok dipilih sebagai satu-satunya laboratorium, tidak terlepas dari berbagai keunggulan yang dimiliki oleh kota Solok . Salah satunya di bidang inovasi dalam pemerintahan dan pelayanan.

Selain itu, menurut Kepala Pusat Pelatihan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan, Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makasar, DR. Andi Taufik, mengatakan, Kota Solok punya banyak kelebihan.

baca juga: Pulang dari Palembang, Warga Solok Positif Covid-19

"Kita sengaja memilih Kota Solok karena hubungan yang terjalin baik selama ini, dan Wali Kota Solok merupakan sosok panutan yang bisa diambil ilmunya oleh para peserta," sebut Andi Taufik.

Kendati visitasi hanya bisa dilakukan secara virtual, menurut Andi Taufik, tetap banyak ilmu dan pembelajaran yang bisa diperoleh, terutama di bidang manajemen pengelolaan pemerintahan.

baca juga: ASN Kota Solok Bantu Mantan Pasien COVID-19

"Idealnya, visitasi dilakukan secara langsung, namun karena kondisi saat ini tidak memungkinkan, terpaksa dilakukan secara virtual saja. Semoga nantinya bisa langsung berkunjung dan menimba ilmu," terangnya.

Menanggapi hal itu, Wako Solok H.Zul Elfian mengatakan, pihaknya siap untuk berbagi ilmu dan inovasi yang telah dibangun dan dijalankan di kota Solok sehingga juga bisa dimanfaatkan oleh daerah lainnya.

baca juga: Ratusan Tenaga Medis dan Guru di Kota Solok Ikuti Tes Swab

"Pemko Solok tidak akan pernah berhenti melahirkan inovasi-inovasi di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tahun ini Setiap OPD diwajibkan melahirkan minimal 2 inovasi," terangnya.

Diakuinya, berbagai inovasi yang dilahirkan sebelumnya tidak terlepas dari bimbingan Lembaga Administrasi Negara. Dengan adanya inovasi yang dilahirkan masing-masing OPD, mendorong peningkatan kinerja dan pelayan terhadap masyarakat.

"Alhamdulillah, dalam 4 Tahun jalannya roda pemerintahan sangat baik, perubahan Kota Solok semakin signifikan berkat inovasi dan pendampingan yang diberikan pihak LAN, angka kemiskinan kota Solok drastis sampai dibawah 1 persen," tutupnya.

Kota Solok beberapa tahun belakangan memang kerap menjadi daerah percontohan bagi peserta pelatihan kepemimpinan. Hal itu tidak terlepas dari berbagai inovasi yang dilahirkan. Apalagi, kota Solok juga menjadi salah satu lumbung inovasi yang ditetapkan langsung oleh pihak LAN-RI.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah