Terkait Kasus Positif 02 Kota Solok, 39 Orang Jalani Tes Swab

Kabag Prokomp Kota Solok, Nurzal Gustim
Kabag Prokomp Kota Solok, Nurzal Gustim (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -Tim gugus tugas percepatan penanganan Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) kota Solok terus melakukan upaya pemutusan mata rantai penyebaran virus pasca ditemukannya satu orang warga yang positif. Salah satunya dengan pengambilan sampel swab terhadap riwayat kontak pasien 02.

Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian melalui Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan (Prokomp), Nurzal Gustim mengatakan, tim gugus tugas telah melakukan pengambilan sampel swab terhadap 39 orang yang punya riwayat kontak dengan pasien 02 asal kota Solok .

baca juga: Pulang Kampung ke Solok, Audy Joinaldy Silaturahmi dengan Pers

"Terdiri dari 12 orang kontak erat dengan pasien 02, kemudian tim swab dan tenaga kesehatan sebanyak 17 orang, kemudian masyarakat sebanyak 10 orang," ungkap Nurzal Gustim, Senin (22/6/2020).

Dikatakannya, pengambilan sampel swab telah dilakukan di pusat penanganan COVID-19 kota Solok di Banda Panduang pada Minggu (21/6/2020), dan telah dikirim ke laboratorium diagnostik dan riset terpadu penyakit infeksi Fakultas Kedokteran Unand.

baca juga: Pulang dari Palembang, Warga Solok Positif Covid-19

Selain itu, tim gugus tugas juga akan melakukan pengambilan sampel swab terhadap masyarakat di kawasan pasar raya Solok . Hal itu dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona klaster pasar Raya Solok .

"Sesegera mungkin, tim gugus tugas kota Solok akan melakukan pengambilan sampel swab di Pasar Raya Solok , targetnya sekitar 200-250 orang, untuk waktunya akan ditetapkan oleh tim gugus tugas," terangnya.

baca juga: ASN Kota Solok Bantu Mantan Pasien COVID-19

Sebelumnya, kota Solok kembali masuk zona merah penyebaran virus Corona setelah ditemukannya kasus positif baru, pasien positif 02 merupakan salah seorang karyawan toko kain di Pasar Raya Solok .

Ditemukannya kasus positif ke-dua di kota Solok itu berawal dari tes swab yang dilakukan oleh tim swab gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 kota Solok pada Rabu (17/6/2020) di Banda Panduang, Kota Solok .

baca juga: Ratusan Tenaga Medis dan Guru di Kota Solok Ikuti Tes Swab

Warga kota Solok berinisial SP (21) itu ikut tes swab setelah dirujuk oleh pihak Puskesmas Tanah Garam, tempat awal pasien berobat. Warga Sinapa Piliang ini mengeluhkan batuk pilek yang dideritanya sejak beberapa waktu terakhir.

Dari seluruh sampel yang dikirimkan oleh tim swab kota Solok ke laboratorium diagnostik dan riset terpadu penyakit infeksi Fakultas Kedokteran Unand, satu diantaranya dinyatakan positif dan merupakan sampel swab milik SP.

Tim gugus tugas langsung bergerak cepat dan melakukan karantina terhadap yang bersangkutan, berikut dua orang keluarganya. Tidak hanya itu, sejumlah kontak erat menjalani isolasi. Tim gugus tugas langsung melakukan penutupan terhadap toko tempat SP bekerja dan juga Puskesmas Tanah Garam.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah