Antisipasi COVID-19, Kota Solok Kembali Lakukan Tes Swab

Posko penanganan Covid-19 Kota Solok
Posko penanganan Covid-19 Kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Solok kembali mengambil sampel swab terhadap puluhan Pegawai, aparat TNI, anggota Satgas dan Pelaku Perjalanan dari daerah Terjangkit (PPT), Rabu (17/6/2020).

Pengambilan sampel swab dilakukan oleh tim khusus dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Proses pengambilan sampel dilakukan di Posko utama penanganan Corona Virus Desease 2019 Kota Solok di Banda Panduang.

baca juga: Pulang Kampung ke Solok, Audy Joinaldy Silaturahmi dengan Pers

"Sampai saat ini sudah ada 71 orang yang selesai pengambilan sampel swab, kemungkinan akan bertambah sampai nanti sore," ungkap Sekretaris Gugus Tugas Penangan COVID-19 Kota Solok , Syaiful A.

Seperti biasanya, sampel swab yang diambil akan dikirim ke laboratorium diagnostik dan riset penyakit infeksi fakultas kedokteran Universitas Andalas Padang. Pengambilan sampel swab secara berkala oleh Tim Gugus Tugas untuk deteksi dini penyebaran COVID-19 di kota Solok .

baca juga: Pulang dari Palembang, Warga Solok Positif Covid-19

Apalagi, saat ini kota Solok sudah memasuki fase Normal Baru atau Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19. Pada masa ini, berbagai fasilitas publik kembali dibuka seperti biasa dengan mengacu pada penerapan protokol kesehatan.

"Normal Baru atau New Normal adalah tantangan bagi kita semua untuk melakukan aktivitas usaha dan lainnya dengan mematuhi protokol kesehatan yang sudah diberikan oleh pemerintah," terang Sekda Kota Solok tersebut.

baca juga: ASN Kota Solok Bantu Mantan Pasien COVID-19

Untuk mengawasi pelaksanaan Normal Baru, Pemerintah kota Solok mendirikan sejumlah posko pengawasan di berbagai titik kota Solok , terutama kawasan pasar raya Solok . Petugas yang ditempatkan mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol COVID-19.

Terkait perkembangan kasus COVID-19 Kota Solok , Syaiful mengatakan, hari ini terdapat penambahan PPT baru sebanyak 4 orang dan sudah didata serta sedang dalam proses pemantauan.

baca juga: Ratusan Tenaga Medis dan Guru di Kota Solok Ikuti Tes Swab

"Dengan demikian, total akumulasi PPT sampai hari ini adalah 1.841 orang, yang telah selesai pemantauan sebanyak 1.804 orang, dan yang sedang dalam Pemantauan sebanyak 37 orang

Terkait jumlah Orang Dalam Pengawasan (PDP), sejauh ini di kota Solok sudah terdata sebanyak 142 orang. Sebanyak 140 diantaranya sudah selesai pemantauan dan sisanya sedang dipantau. Sementara akumulasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 7 orang.

"Semua PDP dinyatakan negatif melalui test PCR Swab, kita berharap tidak ada lagi penambahan kasus positif COVID-19 di Kota Solok . Mari patuhi protokol kesehatan yang telah disampaikan," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah