Kota Solok Gelar Kompetisi Inovasi New Normal, Hadiahnya Puluhan Juta

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokomp) kota Solok, Nurzal Gustim
Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokomp) kota Solok, Nurzal Gustim (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Menjaring ide dan gagasan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemko) Solok menggelar kompetisi inovasi dalam rangka menghadapi New Normal yang segera diterapkan. Kompetisi mengangkat tema tetap produktif dan Aman Corona Virus Desease 2019 (Covid-19)

Inovasi yang dilombakan meliputi bidang pasar tradisional, pasar modern (mall, minimarket), restoran, hotel, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), tempat wisata dan transportasi umum.

baca juga: Pulang Kampung ke Solok, Audy Joinaldy Silaturahmi dengan Pers

Tidak tanggung-tanggung, Pemerintah kota Solok melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) menyediakan total hadiah sebesar Rp42 juta untuk seluruh bidang yang diperlombakan.

Nantinya, di masing-masing bidang akan dipilih 3 inovasi terbaik. Untuk juara satu diberi hadiah berupa dana insentif sebesar Rp2.5 juta, juara dua sebesar Rp2 juta dan juara tiga sebesar Rp1,5 juta.

baca juga: Pulang dari Palembang, Warga Solok Positif Covid-19

Untuk peserta yang bisa mengikuti kompetisi berasal dari aparatur pemerintah kota Solok dan juga masyarakat. Masing-masing peserta mengirimkan video simulasi yang menggambarkan aktivitas masyarakat pada ketujuh sektor yang dilombakan.

"Jadi, videonya harus menggambarkan aktivitas masyarakat yang sesuai atau sejalan dengan pelaksanaan protokol COVID-19, ada unsur inovasi untuk tetap aman dari penyebaran virus Corona," ungkap Kabag Prokomp, Nurzal Gustim, Minggu (31/5/2020).

baca juga: ASN Kota Solok Bantu Mantan Pasien COVID-19

Sementara untuk syarat lainnya, durasi video yang dikirimkan maksimal 2 menit, dan lokasi pengambilannya di objek-objek yang ada di kota Solok . Video harus original dan tidak melanggar hak cipta.

"Karya inovasi diantarkan dalam bentuk Softcopy ke Balitbang kota Solok , paling lambat sampai pukul 11.00 Wib tanggal 2 Juni 2020, pemenang akan diumumkan melalui surat resmi nantinya," terangnya.

baca juga: Ratusan Tenaga Medis dan Guru di Kota Solok Ikuti Tes Swab

Dengan adanya lomba inovasi menghadapi New Normal tersebut, pemerintah kota Solok berharap akan lahir ide kreatif masyarakat dan juga aparatur dalam membantu pemerintah daerah dalam menyusun strategi pelaksanaan New Normal.

New Normal merupakan istilah untuk pola hidup baru ditengah wabah virus Corona. Fasilitas umum, layanan publik dan dunia usaha akan kembali dibuka secara bertahap namun dengan menerapkan protokol kesehatan. New Normal menjadi alternatif ditengah terpuruknya ekonomi akibat wabah.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah