Kapolres Solok Kota Terima Penghargaan dari Pemko Solok

Wali Kota Solok, Zul Elfian berikan penghargaan kepada Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Irawan
Wali Kota Solok, Zul Elfian berikan penghargaan kepada Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Irawan (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian memberikan penghargaan kepada Kapolres Solok kota, AKBP Ferry Suwandy atas dedikasinya membantu menurunkan angka kemiskinan di kota Solok dengan menyalurkan zakat melalui Baznas.

Piagam penghargaan tersebut diberikan Wali kota kepada Kapolres Solok kota AKBP Ferry Suwandy saat apel di Mapolres Solok , Kamis (28/5/2020). Turut dihadiri ketua Baznas kota Solok , Zaini.

baca juga: Pulang Kampung ke Solok, Audy Joinaldy Silaturahmi dengan Pers

Menurut Zul Elfian, Zakat menjadi salah satu kekuatan dalam membantu masyarakat yang kesulitan ekonomi agar bisa bangkit dan mandiri. Pengelolaan zakat dilakukan oleh Baznas agar lebih terkontrol dan terkelola dengan baik.

"Alhamdulillah, seluruh personil (muslim) Polres Solok kota sudah menyalurkan zakatnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota Solok sebesar 2,5 persen setiap bulannya," sebut Zul Elfian.

baca juga: Pulang dari Palembang, Warga Solok Positif Covid-19

Dikatakannya, dalam pengelolaan zakat yang dilakukan, Baznas kota Solok juga sudah melakukannya dengan baik dan transparan, dalam penyalurannya sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

Pihaknya berharap, akan lebih banyak lagi lembaga dan instansi yang menyalurkan zakatnya melalui Baznas kota Solok sehingga lebih banyak masyarakat kurang mampu yang terbantu.

baca juga: ASN Kota Solok Bantu Mantan Pasien COVID-19

Sementara itu, Ketua Baznas kot Solok , Zaini menjelaskan, selama tahun 2020, penerimaan zakat kota Solok sekitar lebih kurang Rp1,5 miliar dan sudah hampir seluruhnya disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima.

Dijelaskannya, dalam penyaluran zakat, Baznas kota Solok memiliki berbagai program. Diantaranya, Solok Sehat yang membantu meringankan biaya masyarakat kurang mampu untuk mengakses layanan kesehatan.

baca juga: Ratusan Tenaga Medis dan Guru di Kota Solok Ikuti Tes Swab

Kemudian, Solok Peduli, program dalam membantu masyarakat yang ditimpa bencana seperti kebakaran dan musibah lainnya. Solok Sejahtera, membantu masyarakat kurang mampu yang tergolong lansia dan fakir dan diperuntukkan juga untuk konsumsi insidentil serta modal usaha.

Berikutnya, Solok Cerdas, program bantuan pendidikan bagi yang baru masuk sekolah tingkat SD, SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi dan Solok Taqwa, bantuan berupa asuransi kepada penyuluh agama se- Kota Solok dengan BPJS Kesehatan Solok .

"Zakat yang terkumpul disalurkan kepada pihak-pihak yang berhak menerima, semoga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memangkas angka kemiskinan di kota Solok ," terangnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah