Tunggu Arahan Provinsi, Kota Solok Bersiap Laksanakan New Normal

Wako Solok, Zul Elfian dan Wawako Reinier rapat bersama OPD di Balaikota Solok.
Wako Solok, Zul Elfian dan Wawako Reinier rapat bersama OPD di Balaikota Solok. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Seiring dengan akan berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serentak di Sumatra Barat, pemerintah kota Solok bersiap untuk melakukan opsi perpanjangan PSBB atau menerapkan New Normal yang direncanakan pemerintah pusat.

Menurut Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian, pemerintah kota Solok masih menunggu arahan dari pemerintah provinsi Sumatra Barat dan juga pusat terkait tindak lanjut dengan akan berakhirnya pelaksanaan PSBB tahap dua.

baca juga: Pulang Kampung ke Solok, Audy Joinaldy Silaturahmi dengan Pers

"Untuk kedepannya, perlu kita bahas rencana strategis jika PSBB berlanjut atau pelaksanaan New Normal, tentunya kita mengacu pada aturan dan ketentuan dari Pemerintah Pusat dan juga Provinsi Sumatra Barat," ungkap Zul Elfian saat rapat di Balaikota Solok , Rabu (27/5/2020).

New Normal merupakan pola hidup baru dalam Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) dengan mengikuti protokol kesehatan dan panduan yang diberikan oleh pemerintah. New normal dianggap sebagai solusi untuk menjaga produktivitas dan tetap aman dari wabah Corona.

baca juga: Pulang dari Palembang, Warga Solok Positif Covid-19

Dikatakan Zul Elfian, apapun kebijakan yang dilahirkan pemerintah pusat maupun provinsi tentunya demi kebaikan bangsa dan negara. Pemerintah daerah kota Solok bersiap dengan opsi yang akan dilakukan pemerintah pusat kedepannya.

"Jika nantinya kebijakan New Normal dilakukan, tentunya kita juga bersiap untuk menerapkannya ditengah masyarakat kota Solok . Saya minta OPD untuk mensosialisasikan setiap kebijakan yang dilakukan kepada masyarakat," pintanya.

baca juga: ASN Kota Solok Bantu Mantan Pasien COVID-19

Pihaknya juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi seluruh protokol kesehatan yang disampaikan dalam mencegah penyebaran virus Corona. Membiasakan diri mencuci tangan, memakai masker dan juga menjaga jarak interaksi.

Menurutnya, kedisiplinan semua pihak dalam menjalankan protokol kesehatan yang telah dikeluarkan sangat menentukan dalam menekan angka potensi penyebaran virus Corona. Pencegahan merupakan langkah efektif dalam menekan angka penyebaran.

baca juga: Ratusan Tenaga Medis dan Guru di Kota Solok Ikuti Tes Swab

"Pastinya kita selalu menjalankan protokol kesehatan jika semua sarana umum dibuka kembali, kita harus pastikan seluruh masyarakat kita aman dari bahaya penyebaran virus covid-19" ungkap Zul Elfian jika opsi New Normal benar-benar diberlakukan.

Dalam kesempatan itu, Zul Elfian juga mengapresiasi kerja keras seluruh tim gugus tugas dan relawan yang bekerja secara maksimal dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona di kota Solok .

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah