Jelang Lebaran, Baznas Kota Solok Salurkan 1.426 SHR

Ketua Baznas kota Solok, Zaini serahterimakan secara simbolis SHR kepada Wali Kota Solok, Zul Elfian untuk disalurkan pada masyarakat.
Ketua Baznas kota Solok, Zaini serahterimakan secara simbolis SHR kepada Wali Kota Solok, Zul Elfian untuk disalurkan pada masyarakat. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Menyongsong lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota a Solok menyediakan sebanyak 1.426 Santunan Hari Raya (SHR) bagi masyarakat kurang mampu.

Menurut Ketua Baznas Kota Solok , Zaini, mengingat saat ini kota Solok masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maka penyaluran SHR akan diantarkan langsung petugas ke rumah warga.

baca juga: Pemko Solok Minta Orang Tua Awasi Penggunaan Handphone Pada Anak

"Untuk menghindari kerumunan masyarakat, maka kita akan antar langsung ke rumah warga penerima yang sudah di data sebelumnya," ungkap Zaini saat serah terima dengan Wali Kota Solok , Jum'at (15/5/2020) di kantor Baznas kota Solok .

SHR yang diberikan berasal dari dana zakat yang terkumpul oleh Baznas kota Solok . Dengan pemberian SHR, diharapkan seluruh lapisan masyarakat terutama yang kurang mampu bisa menyambut hari raya dengan penuh sukacita.

baca juga: Safari Ramadan, Wako Solok : Mari Gerakkan BMT Untuk Ekonomi Umat

Selain masyarakat kurang mampu, SHR juga diberikan kepada Mubalig, guru MDTA-TPA dan juga sukarela di pemerintah daerah. Untuk masyarakat kurang mampu diberikan berupa uang tunai sebesar Rp400 ribu, sementara untuk mubalig dan guru mengaji diberikan sebesar Rp700 ribu.

"Ini murni dari dana zakat yang berhasil kita kumpulkan, totalnya untuk SHR yang kita salurkan langsung maupun melalui TP-PKK sebanyak Rp561 juta, bagi yang sudah mendapatkan bantuan dari PKK, tidak kita beri lagi," terangnya menjawab KLIKPOSITIF .

baca juga: Turun ke Masyarakat, TSR Kota Solok Kunjungi Masjid Al Huda Tanah Garam

Dikatakannya purnawirawan Polri berpangkat AKBP tersebut, sepanjang tahun 2020, total dana zakat yang berhasil terkumpulkan lebih kurang 1,5 miliar dan sudah disalurkan lebih kurang 1,4 miliar lebih.

"Para penerima sudah didata sebelumnya oleh petugas, kita prioritaskan masyarakat yang betul-betul berhak menerima bantuan, termasuk guru-guru mengaji TPA-MDTA yang ada di kota Solok ," tutupnya.

baca juga: 13 Warga Kota Solok Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sementara itu, Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian mengaku sangat senang dan mengapresiasi kerja keras yang dilakukan oleh pihak Baznas kota Solok dalam menghimpun dan menyalurkan dana zakat secara terbuka.

"Alhamdulillah, kinerja Baznas kota Solok terus meningkat tiap tahunnya, dan pastinya sangat membantu masyarakat kita yang kurang mampu untuk keluar dari beban ekonomi," ungkap Zul Elfian.

Wako mengajak kepada seluruh muzakki untuk selalu menyalurkan zakatnya sesuai hukum dan syariat Islam. karena hal ini sangat membantu bagi masyarakat yang membutuhkan.

Selain Baznas, BPJS Ketenagakerjaan Kota Solok juga ikut serta memberikan 100 paket sembako bagi masyarakat kurang mampu. Penyerahan SHR juga ikut disaksikan Kepala kantor Kementerian Agama Eri Iswandi.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah