Ini Juara Lomba MTQ Virtual Kota Solok 1441 Hijriah

Ketua LPTQ Kota Solok, Reinier menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba MTQ Virtual kota Solok.
Ketua LPTQ Kota Solok, Reinier menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba MTQ Virtual kota Solok. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Wabah Corona tidak menjadi penghalang bagi pemerintah kota Solok untuk menggelar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) dalam rangka memperingati Nuzulul Quran 1441 Hijriah. Hanya saja, caranya sedikit berbeda dengan MTQ biasanya.

Pemerintah kota Solok berinisiatif melakukan lomba baca Al-Quran bidang tilawah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Qori dan Qoriah membaca Al-Quran secara virtual di kantor lurah masing-masing, sementara juri menilai dari layar monitor di Balaikota Solok .

baca juga: Jabat Pjs Wako Solok, Ini Tiga Prioritas Utama Asben Hendri

"Alhamdulillah, MTQ secara virtual yang kita lakukan untuk memperingati Nuzulul Qur'an 1441 Hijriah berjalan dengan lancar dan bisa disimak langsung oleh masyarakat," sebut ketua LPTQ kota Solok , Reinier, Kamis (14/5/2020).

Menurutnya, MTQ Virtual menjadi solusi ditengah wabah Corona yang mengharuskan masyarakat untuk menghindari keramaian dalam mencegah penyebaran virus. Kendati dilakukan secara daring, tidak mengurangi semangat dan antusiasme masyarakat untuk mengikutinya.

baca juga: Asik Nongkrong di Warung, Pelaku Narkoba Diciduk Polisi di Solok

Dalam lomba yang dilakukan selama dua hari tersebut, diikuti oleh 26 Qori dan Qoriah dari 13 kelurahan kota Solok . Mengingat keterbatasan kondisi saat ini, MTQ hanya mempertandingkan 1 cabang perlombaan Tilawah.

Dari hasil penjurian yang diketuai Afrizal Thaib, untuk Kategori Putra, Juara 1 berhasil disabet Wahid Husnul Khalid dari Kelurahan Aro IV Korong dengan nilai 93,5, Juara II Aditia Rismon dari Kelurahan IX Korong dengan nilai 88,5 dan Juara III Risman Gani Kelurahan Tanah Garam dengan skor 88.

baca juga: Gawat Darurat, Warga Kota Solok Bisa Hubungi Call Center 112

Sementara itu, Harapan 1 diraih Zikri Kurnia Illahi dari Kelurahan Simpang Rumbio, Harapan II M.Nofal Arifi Kelurahan Nan Balimo, serta Harapan III diperoleh M.Fatussidiq Alqiami dari Kelurahan KTK.

Untuk kategori Putri, Juara I diraih Diana Zahara dari Kelurahan KTK dengan nilai 96, Juara II diraih Maharani Agustin dari Kelurahan Tanah Garam dengan nilai 93,5 dan Juara III diraih Hafizah dari Kelurahan Koto Panjang dengan nilai 91.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

Kemudian, Harapan I diraih Latifah Azzahra dari Kelurahan PPA, Harapan II diperoleh Hanesti Paradila dari Kelurahan Aro IV Korong, dan Harapan III diraih Lutfiah Azra dari Kelurahan Tanjung Paku.

Wali Kota Solok , H. Zul Elfian berharap, MTQ yang dilakukan semakin meningkatkan motivasi anak-anak generasi muda agar selalu membaca, mempelajari, dan mengamalkan Al Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

"Walaupun dilakukan secara virtual, tidak mengurangi gezah dan tujuan dari pelaksanaan MTQ yang kita lakukan, tetap semangat untuk belajar Al-Quran. Jadikan kota Solok sebagai Kota Beras Serambi Madinah Seutuhnya," tutup Wako.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah