MTQ Virtual Semarakkan Peringatan Nuzulul Quran di Kota Solok

Wali Kota Solok, Zul Elfian membuka MTQ peringatan Nuzulul Quran 1441 H melalui Video Conference
Wali Kota Solok, Zul Elfian membuka MTQ peringatan Nuzulul Quran 1441 H melalui Video Conference (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Menyemarakkan peringatan Nuzul Quran 1441 Hijriah ditengah wabah Corona, pemerintah kota Solok melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) antar Kelurahan se-Kota Solok tahun 2020.

Namun berbeda dengan tahun lalu, MTQ dalam rangka peringatan Nuzul Quran tingkat kota Solok tahun ini dilakukan secara virtual atau online dengan memanfaatkan aplikasi zoom sehingga tidak ada perkumpulan orang ramai.

baca juga: Jabat Pjs Wako Solok, Ini Tiga Prioritas Utama Asben Hendri

Setidaknya, MTQ virtual yang dilakukan oleh Pemko Solok diikuti oleh 26 orang putra dan putri perwakilan kelurahan. Peserta membaca ayat Al-Quran dari masing-masing kantor lurah, dan juri melakukan penilaian di ruang e-gov monitoring room, Balaikota Solok .

MTQ perdana dengan sistem virtual tersebut dilakukan selama dua hari dari 13-14 Mei 2020 dan dibuka langsung Wali Kota Solok , H. Zul Elfian melalui Video Conference (Vidcon), Rabu (13/5/2020) di ruang rapat Balaikota Solok .

baca juga: Asik Nongkrong di Warung, Pelaku Narkoba Diciduk Polisi di Solok

Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian, menjelaskan, pelaksanaan MTQ secara online atau virtual merupakan sebuah inovasi ditengah larangan untuk berinadah secara berjamaah pada masa wabah virus Corona.

"Ini pertama kali kita melaksanakan MTQ secara virtual, kendati demikian, tentu tidak akan mengurangi semangat kita untuk tetap mensyiarkan ajaran Islam ditengah wabah Corona," terangnya.

baca juga: Gawat Darurat, Warga Kota Solok Bisa Hubungi Call Center 112

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Solok , Reinier mengatakan, peringatan Nuzulul Quran atau turunnya Al-Qur'an merupakan momentum untuk lebih mendekatkan diri dengan Al-Quran.

"Alhamdulillah, kendati mesjid dan musala ditutup dari kegiatan ibadah secara berjamaah, termasuk tadarus, tapi kita yakin, lantunan Al-Quran tetap menggema dari rumah-rumah masyarakat kita, santri-santri kita," sebut Reinier.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Solok , Heppy Dermawan menjelaskan, untuk MTQ dalam rangka peringatan Nuzulul Qur'an tahun ini hanya dilombakan satu cabang yakni Tilawah.

"Masing-masing kelurahan mengutus dua orang peserta dan total semuanya hanya 26 peserta, InsyaAllah besok sudah siap. Untuk memotivasi, kita sediakan hadiah menarik bagi peserta yang juara," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah