Di Tengah Ancaman Corona, Pemko Solok Pastikan Stok Bahan Pangan Aman

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Jefrizal bersama dinas terkait melakukan peninjauan di Pasar Raya Solok.
Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Jefrizal bersama dinas terkait melakukan peninjauan di Pasar Raya Solok. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF -Pemerintah kota (Pemko) Solok memastikan stok bahan pangan sejauh ini masih aman sejauh di pasaran. Ketersediaan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di pasar raya Solok masih normal seperti biasanya.

Menurut Asisten Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Jefrizal, pihaknya bersama tim telah melakukan peninjauan langsung ke Pasar raya Solok untuk melihat kondisi real ketersediaan bahan pangan pada Kamis (19/3/2020).

baca juga: Sebaran Kasus COVID-19 di Kota Solok, Lubuk Sikarah Tertinggi

"Alhamdulillah, sejauh ini bahan pangan di pasar raya Solok masih dijual dalam harga normal dan pasokannya juga masih lancar, kita bersama pihak terkait akan tetap pantau," ungkap Jefrizal, Jum'at (20/3/2020).

Pemerintah kota Solok meminta masyarakat untuk tidak panik menghadapi ancaman penyebaran virus Corona dengan memborong atau menimbun bahan pangan. Hal tersebut bisa memicu kenaikan harga barang.

baca juga: Dalam Sehari, 6 Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Kota Solok

Sejauh ini, ulasnya, hasil koordinasi dan pemantauan tim di lapangan, tidak ada ditemukan indikasi penimbunan bahan pangan sebagai dampak atau reaksi masyarakat terhadap ancaman Pandemi virus Corona.

"Kita minta masyarakat untuk tidak panik menghadapi ancaman virus Corona, pemerintah telah menerbitkan berbagai rujukan dan himbauan dalam penanganan virus Corona, kita minta masyarakat proaktif," sebutnya.

baca juga: HUT ke-75 RI, Masyarakat Kota Solok Diminta Kibarkan Bendera Sebulan Penuh

Menurutnya, semua pihak harus terlibat mensosialisasikan langkah-langkah atau gerakan untuk pencegahan penyebaran virus Corona, seperti pentingnya mencuci tangan pakai sabun, dan tidak keluar rumah kalau tidak ada urusan penting.

Terkait upaya pencegahan penyebaran di pasar raya Solok , tim teknis penanganan virus Corona kota Solok juga sudah melakukan penyemprotan desinfektan di berbagai titik pasar dan terminal angkot.

baca juga: Tengah Transaksi Narkoba, Dua Orang Ditangkap di Pantai Cermin Solok

Penyemprotan dilakukan pada malam hari sehingga aktivitas perdagangan atau jual beli masyarakat tidak terganggu. Gang-gang pasar, pintu toko tidak lepas dari semprotan petugas.

"Sesuai arahan Wali Kota dan tim gugus tugas penanganan Corona, kita juga sudah melakukan upaya pencegahan dengan melakukan penyemprotan di kawasan pasar raya dan terminal, lokasi ini selalu ramai dikunjungi masyarakat setiap harinya," tutupnya.

[Syafriadi]

Editor: Khadijah