Solsel Dikunjungi Tim Penilai Lomba Gerakan PKK Tahun 2020 Sumbar

Ny. Wartawati Nasrul Abit di dampingi Ny. Ayu Abdul Rahman saat Penilaian di Nagari Pasir talang, Senin
Ny. Wartawati Nasrul Abit di dampingi Ny. Ayu Abdul Rahman saat Penilaian di Nagari Pasir talang, Senin (Ist)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Ketahanan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Barat (Sumbar) Ny. Wartawati Nasrul Abit bersama tim mengunjungi Solok Selatan ( Solsel ) dalam rangka penilaian lomba gerakan PKK Tahun 2020 tingkat Provinsi Sumbar, Senin.

Ny. Wartawati Nasrul Abit mengatakan, kegiatan penilaian lomba tersebut adalah dalam rangka mendorong TP PKK di setiap daerah agar melakukan pembinaan secara berjenjang hingga ke tingkat dasawisma dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.

baca juga: Putra Solok Harumkan Nama Sumbar di STQH ke-XXVI Maluku Utara

Dia menyebutkan kategori yang dinilai dalam lomba gerakan PKK adalah tertib administrasi PKK, lomba pola asuh anak dan remaja, penilaian lomba upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), lomba halaman asri teratur indah dan nyaman (Hatinya PKK), dan pelaksanaan IVA test.

"Hasil pembinaan dari masing-masing daerah inilah yang hari ini kami nilai. Daerah yang terpilih sebagai yang terbaik, nantinya akan mewakili Sumatera Barat di tingkat nasional dalam lomba yang sama," kata Wartawati.

baca juga: Tingkatkan Kualitas Pemilu, Bawaslu Solsel Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Selain itu imbuhnya, lomba tersebut juga untuk mempererat silaturahmi dan rasa kebersamaan antar sesama TP PKK di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

"Yang tidak kalah pentingnya, dengan adanya penilaian yang dilakukan setiap tahun ini, kita berharap kader PKK mampu memahami seluruh program PKK secara komprehensif," katanya.

baca juga: Pengurus dan Kader Solid, DPD PAN Target Enam Kursi DPRD Pada Pemilu 2024

Senada Plt Bupati Solsel , Abdul Rahman menyebutkan, yang terpenting dalam pelaksanaan lomba gerakan PKK adalah membangun kesadaran tantang program-program PKK ditengah-tengah masyarakat.

baca juga: Usai Lantik PAW Anggota DPRD Solsel, Zigo: Setelah Dilantik Harus Rajin Ke Kantor

"10 program pokok PKK hendaknya terimplementasi ditengah-tengah masyarakat, tidak hanya ketika ada lomba gerakan PKK saja, karena manfaatnya juga akan dirasakan oleh kader PKK sendiri," kata Abdul Rahman

Dia berharap agar TP-PKK diisi dan disinkronkan dengan program-program konkrit yang ada pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Dengan adanya sinkronisasi program dan kerjasama

yang baik dengan OPD terkait, kami yakin PKK akan berjalan dengan baik," ujarnya.

Ketua TP-PKK Solsel Ny. Ayu Abdul Rahman mengungkapkan saat ini diwakili oleh empat Nagari mengikuti lima program yang dilombakan dalam lomba Gerakan PKK Tahun 2020.

"Lomba tertib administrasi PKK Nagari Pakan Rabaa Tengah, dan lomba pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih sayang di keluarga, Nagari Padang Air Dingin," katanya.

Selanjutnya, lomba Usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) Nagari Pasir Talang, Lomba Halaman Asri Teratur dan Nyaman (Hatinya PKK) Nagari Pauh Duo Nan Batigo serta IVA Test. Kecamatan SBH

Diketahui rombongan tim penilai yang dipimpin oleh Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Wati Nasrul Abit tersebut disambut langsung oleh Plt Bupati Solsel dan Ketua TP PKK Solsel , Ny. Ayu Abdul Rahman beserta jajaran pengurus TP PKK kabupaten, di Kantor Camat Sungai Pagu. [Kaka]

Editor: Khadijah