Pemusnahan Knalpot Racing, Wawako Solok: Cegah Balapan Liar

Wawako Solok, Reinier saat menghadiri pemusnahan Knalpot Racing di Mapolres Solok Kota
Wawako Solok, Reinier saat menghadiri pemusnahan Knalpot Racing di Mapolres Solok Kota (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Ratusan Knalpot racing dan plat nomor hasil sitaan Polres Solok Kota dimusnahkan. Knalpot dan plat nomor kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas tersebut dihancurkan dengan cara digilas dengan alat berat, Kamis (6/2/2020).

Barang bukti pelanggaran lalu lintas tersebut merupakan hasil razia yang dilakukan jajaran Polres Solok kota dalam 1 bulan terakhir. Penertiban knalpot racing dan plat nomor yang diluar ketentuan dilakukan secara menyeluruh di wilayah hukum Polres Solok kota.

baca juga: Pemko Solok Fasilitasi Bantuan Studi Kuliah di Timur Tengah

Terhadap kegiatan itu, Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier mengaku sangat mendukung. Dengan adanya tindakan tegas berupa penyitaan knalpot dan plat nomor yang diluar ketentuan diharapkan bisa memberikan efek jera bagi para pelanggar.

"Penindakan knalpot racing yang dimusnahkan hari ini, merupakan salah satu cara untuk mengingatkan anak-anak kita agar lebih tertib terhadap aturan berlalu lintas dan menghindari balapan liar," ungkap Reinier.

baca juga: Gebyar Vaksin, Cara Kota Solok Wujudkan Herd Immunity

Apalagi, menurutnya, pemakaian knalpot racing memang kerap dimanfaatkan pada kendaraan yang digunakan untuk balapan liar. Selain itu, penggunaan knalpot dengan suara bising juga sangat menggangu kenyamanan masyarakat.

Pihaknya juga meminta Polres Solok kota untuk menindak pelanggaran lalu lintas di kota Solok sehingga terwujud keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. Pelanggaran menjadi pemicu terjadinya kecelakaan di jalan raya.

baca juga: Tingkatkan Perekenomian Masyarakat, Pemko Solok Teken MoU Dengan Pegadaian

"Pelanggaran yang dilakukan tidak hanya membahayakan diri pengendara itu sendiri, namun juga ikut mengancam keselamatan orang lain. Mari tanamkan budaya tertib lalu lintas bagi diri kita masing-masing," ajaknya.

Kapolres Solok Kota , AKBP Ferry Suwandi menjelaskan, sepanjang Januari sampai awal Februari 2020 pihaknya telah melakukan penindakan terhadap lebih kurang 832 pelanggaran. Pelanggaran didominasi kendaraan roda dua.

baca juga: Ernawati, Kader Posyandu Berprestasi Kota Solok Dinilai Tim Provinsi

"Total kendaraan bermotor yang telah dilakukan penindakan sebanyak 832 pelanggaran, dengan rincian roda dua sebanyak 618, Roda Empat sebanyak 172 unit, dan roda enam 40 unit," terang Kapolres.

Dari total penindakan tersebut, pihaknya menyita 184 unit knalpot racing atau modifikasi dan sejumlah plat nomor atau nomor polisi yang tidak sesuai ketentuan. Agar tidak dimanfaatkan lagi, knalpot dan plat nomor disita sebagai Barang Bukti pelanggaran.

Pihaknya juga terus mengintensifkan kegiatan rutin yang ditingkatkan dengan melibatkan Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Solok Kota . Program tersebut dilakukan guna menekan angka kejahatan, khususnya pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

[Syafriadi]

Editor: Khadijah