Kwarcab Pramuka Kota Solok Gelar Raker Program 2020

Wawako Solok Reinier saat rapat kerja dengan pengurus Pramuka.
Wawako Solok Reinier saat rapat kerja dengan pengurus Pramuka. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Mengawali tahun 2020, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka kota Solok menggelar rapat kerja pengurus, Selasa (21/1/2020) di Kantor Kwarcab Pramuka Kota Solok . Raker dipimpin langsung Ketua Kwarcab Pramuka, Reinier.

Menurut Reinier, Sepanjang tahun 2019, Kwarcab Pramuka kota Solok telah melakukan berbagai program dan kegiatan dalam rangka pengembangan dan pembinaan kegiatan Pramuka.

baca juga: Gubernur Dukung Perkebunan Buah Naga di Nagari Kacang Solok

"Alhamdulillah, tahun 2019 telah dilalui dengan baik. Pramuka kota Solok telah membuktikan eksistensinya ditengah masyarakat melalui berbagai kegiatan yang dilakukan," terang Reinier.

Untuk pembinaan anggota, Pramuka kota Solok terus melakukan Jambore yang sudah menjadi agenda rutin. Selain sebagai sarana mengasah kemampuan, juga untuk mempererat silaturahmi.

baca juga: Bahas Jaringan Kelistrikan, PLN Solok Kunjungi Bupati Solok Selatan

Dikatakan Reinier, program dan kegiatan yang dilakukan sepanjang tahun 2019 menjadi bahan evaluasi dan acuan dalam mempersiapkan program kerja tahun 2020. Setidaknya, tahun 2020 Pramuka harus lebih eksis dibanding tahun sebelumnya.

"Kuncinya adalah sinergisitas dan kekompakan sesama pengurus dan keluarga besar Pramuka. Tanpa kerjasama tim, mustahil berbagai program dan kegiatan yang direncanakan akan terlaksana dengan baik," terangnya.

baca juga: Wako Lantik 7 Kepala Dinas di Lingkungan Pemko Solok

Ditegaskan Reinier, Pramuka menjadi salah satu sarana dalam pembentukan karakter dan pembinaan bagi generasi muda. Melalui program kegiatan yang dilakukan, bakal terbentuk kepribadian yang lebih baik.

Pembinaan karakter merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menyiapkan generasi penerus yang lebih baik. Apalagi, ulas Reinier, banyak pengaruh yang bisa menyeret generasi muda terutama pelajar pada hal-hal negatif.

baca juga: Pemprov Sumbar Rencanakan Bangun Rest Area di Batas Padang - Solok

"Narkoba dan kenakalan remaja merupakan hal yang harus kita antisipasi ditengah pelajar kita, melaluinya Pramuka, hal tersebut bisa diminimalisir sekecil mungkin," terang Reinier.

Untuk itu, tambahnya, kegiatan Pramuka harus digencarkan di sekolah-sekolah yang ada di kota Solok . Generasi muda harus diarahkan pada kegiatan-kegiatan yang berbau positif.

[Syafriadi]

Editor: Khadijah