Genjot PAD, Pemko Solok Bidik Sumber Lain yang Potensial

Wako Solok Zul Elfian meminta seluruh stakeholder proaktif gali potensi PAD.
Wako Solok Zul Elfian meminta seluruh stakeholder proaktif gali potensi PAD. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Peningkatana penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi fokus Pemerintah kota Solok tahun 2020. Sumber-sumber PAD baru harus dioptimalkan untuk memperkuat APBD Kota Solok kedepannya.

Hal itu dikatakan Walikota (Wako) Solok Zul Elfian saat Forum Group Discussion (FGD) bersama dinas terkait, Rabu (22/1/2020) di Aula D'Realzion, Lukah Pada, Kota Solok . Menurutnya, Sektor Pajak dan Retribusi Daerah selama ini menjadi andalan kota Solok .

baca juga: HDI 2021, H. Irzal Ilyas Minta Pemda Berikan Perhatian Terhadap Kaum Disabilitas

"Sumber-sumber penerimaan daerah yang potensial harus digali dan dikembangkan secara maksimal, namun perlu dicatat harus tetap dalam koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku," sebut Zul Elfian.

Menurut Zul Elfian, tuntutan peningkatan PAD semakin besar seiring dengan semakin banyaknya kewenangan Pemerintah Pusat yang dilimpahkan kepada Daerah. Secara tidak langsung, kebutuhan anggaran juga meningkat.

baca juga: Gubernur Dukung Perkebunan Buah Naga di Nagari Kacang Solok

Disisi lain, dana perimbangan yang merupakan dana transfer keuangan pusat kepada daerah pada akhir-akhir ini sudah semakin dinamis. Hal ini dapat dirasakan dari pelaksanaan anggaran yang harus dilakukan pengurangan dan penyisihan serta penangguhan dalam pelaksanaannya.

"Untuk itu, daerah harus lebih kreatif dalam meningkatkan PAD agar dapat meningkatkan akuntabilitas dan keleluasaan dalam pembelanjaan APBD, sehingga program dan kegiatan bisa dilakukan secara maksimal," sebutnya.

baca juga: Bahas Jaringan Kelistrikan, PLN Solok Kunjungi Bupati Solok Selatan

Dijelaskan Wako, tidak dapat dipungkiri, sejauh ini ketergantungan daerah terhadap dana dari pusat dan dana dari provinsi sangatlah besar. Pendapatan Asli Daerah kota Solok hanya menyumbang sebesar 7,5% dari total APBD.

Dari tahun ke tahun target Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya dari sektor Pajak Daerah selalu naik, sedangkan untuk optimalisasi penerimaan dari ekstensifikasi pajak sangat terbatas sehingga perlu mengoptimalkan penerimaan dari intensifikasi pajak.

baca juga: Bangun Perekonomian, Wako Solok Imbau Masyarakat Beli Produk UMKM

"Ini merupakan tantangan berat bagi kita semua, kedepan, perlu inovasi dan terobosan nyata dalam meningkatkan PAD Kota Solok . Program yang sudah baik kita maksimalkan dan yang belum kita tingkatkan, demi kepentingan daerah," tutupnya.

Sebelumnya, Pemko Solok telah menggulirkan program bayar pajak secara online untuk peningkatan penerimaan daerah dari sektor tersebut. Masyarakat bisa melakukan pembayaran tanpa harus datang ke kantor layanan.

[Syafriadi]

Editor: Khadijah