Kota Solok Terima Penghargaan Top 30 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik

Walikota Solok Zul Elfian menerima penghargaan dari Menpan RB, Tjahyo Kumolo
Walikota Solok Zul Elfian menerima penghargaan dari Menpan RB, Tjahyo Kumolo (Humas dan Protokol Pemko Solok)

KLIKPOSITIF -- Kota Solok menjadi satu-satunya kota di Sumatera yang berhasil masuk top 30 pengelolaan pengaduan pelayanan publik. Apresiasi berupa penghargaan diterima Walikota Solok , Zul Elfian dari Menpan RB, Tjahyo Kumolo, Senin malam (9/12) di Hotel Le Meridien Jakarta Pusat.

Menurut Walikota (Wako) Solok Zul Elfian, keberhasilan kota Solok masuk top 30 pengelolaan pengaduan pelayanan publik tidak terlepas dari Perbaikan layanan publik dan penciptaan tata kelola pemerintahan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Solok .

baca juga: Saat Peringatan Hari AIDS Sedunia Empat Warga Solok Dinyatan Positif

"Apresiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi ini merupakan buah kerjasama dan kerja nyata dari semua pihak," ungkap Zul Elfian didampingi Kadis Kominfo, Zulfadli, Kabag Humas dan Protokol Nurzal Gustim, serta Kasubbag Penghubung Yopi Permana.

Dalam tahap seleksi awal, sebelumnya kota Solok masuk dalam 40 besar Kompetisi SP4N LAPOR! Tahun 2019. Setelah melalui proses penilaian mandiri, evaluasi dokumen, wawancara dan observasi lapangan yang dilakukan oleh Tim Penilai, Alhamdulillah Solok bisa masuk dalam TOP 30 pengelola pengaduan terbaik di tahun 2019.

baca juga: Harimau Masuk Kampung, Masyarakat Danau Kembar Diminta Waspada

Kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) 2019 yang diselenggarakan Kemenpan RB terdiri dari 30 Instansi Pemerintah (IP) dan 10 Unit Pelayanan Publik (UPP) terpilih.

Zul Elfian juga mengapresiasi seluruh masyarakat atas dukungannya dalam pemanfaatan layanan pengaduan LAPOR! PEMKO SOLOK sehingga pemerintah Kota Solok senantiasa dapat melakukan perbaikan pelayanan kepada masyarakat karena selalu diberi masukan.

baca juga: Besok, Madra Indriawan Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Solok

"Saya bersama pak Wakil dan seluruh Jajaran Pemerintah Kota Solok telah berkomitmen untuk terus memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, karena ini kerja Tim. Lagian sudah sepatutnya kita memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat" tegas Wako.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Solok selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, dimana aparatur negara merupakan pelayan bagi seluruh lapisan masyarakat, hal ini menjadi landasan dalam bekerja oleh ASN dilingkungan Pemko Solok .

baca juga: KPK RI Evaluasi Pelaksanaan RAD PPK Kota Solok

Dengan adanya aplikasi LAPOR! PEMKO SOLOK , diharapkan partisipasi masyarakat dapat semakin meningkat mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan dalam proses pelaksanaan pembangunan guna terwujudkan Kota Solok menjadi daerah yang lebih baik.

Sebelum menerima penghargaan, Wako Solok H. Zul Elfian telah memaparkan perbaikan layanan publik dan penciptaan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dengan implementasi Aplikasi LAPOR! PEMKO SOLOK . Presentasi dilakukan di hadapan Tim penguji kompetisi SP4N LAPOR! Tahun 2019 di Hotel Aryaduta Suites, Jakarta Selatan, Kamis (28/11).

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah