Panggung Pidato Adat, Cara Kota Solok Lestarikan Budaya Daerah

Wawako Solok, Reinier buka Batamek Pidato Adat kota Solok
Wawako Solok, Reinier buka Batamek Pidato Adat kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF -- Panggung pidato adat menjadi salah satu upaya pemerintah Solok " href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/kategori/pemko-solok" target="_blank">kota Solok dan lembaga terkait dalam menjaga kekayaan adat dan budaya daerah. Panggung pidato adat wadah bagi generasi muda untuk belajar berbagai seluk beluk adat Solok .

BACA JUGA: Solok Jalin Kerjasama Bidang Datun" href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/baca/61769/pemko-dan-kejari-solok-jalin-kerjasama-bidang-datun" target="_blank">Pemko dan Kejari Solok Jalin Kerjasama Bidang Datun

baca juga: Saat Peringatan Hari AIDS Sedunia Empat Warga Solok Dinyatan Positif

"Pelestarian kekayaan adat dan budaya daerah menjadi salah satu perhatian serius pemerintah kota Solok dan lembaga adat," ungkap Wakil Wali Kota Solok , Reinier saat Batamek Pidato Adat, di Sport Hall Tanjung Paku, Minggu (8/12).

Prosesi Batamek Pidato Adat diawali dengan pawai. Arak-arakan peserta dimulai dari Taman Istiqlal Lapangan Merdeka Kota Solok - Simpang Denpal - Taman Syech Kukut - Simpang Surya - Simpang Muhammadiyah - SMPN 2 Kota Solok - serta Finish di Sport Hall Tanjung Paku.

baca juga: Harimau Masuk Kampung, Masyarakat Danau Kembar Diminta Waspada

Prosesi turut dihadiri unsur pimpinan dan anggota DPRD Kota Solok , Forkopimda, GOW Kota Solok , pimpinan OPD, lembaga terkait, LKAAM Kota Solok , Bundo Kanduang Kota Solok , Niniek mamak, cadiak pandai, alim ulama dan guru-guru panggung pidato adat se Kota Solok .

Menurut Reinier, selain sebagai tempat belajar, Panggung pidato adat juga menjadi wadah untuk bersilaturahmi bagi seluruh pemangku adat. Adat dan seni tradisi menjadi hal yang tidak terpisahkan dari identitas masyarakat kota Solok .

baca juga: Besok, Madra Indriawan Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Solok

"Panggung pidato adat adalah aset luar biasa yang berguna untuk menjaga adat dan budaya kita ditengah serbuan budaya asing. Jangan sampai generasi muda kota Solok tidak tahu dengan adat dan budaya daerah sendiri," sebut Reinier.

Pihaknya berharap, panggung pidato ada yang ada di kota Solok tetap eksis dan menghasilkan pelaku adat yang konsisten menjadi tradisi daerah. Panggung pidato adat perlu digalakkan untuk merangsang minat generasi muda.

baca juga: KPK RI Evaluasi Pelaksanaan RAD PPK Kota Solok

"Ananda yang telah menamatkan pidato adat, jangan sampai berhenti disini. Teruslah gali ilmu dari guru-guru sebagai bekal dalam menjaga adat dan budaya daerah kedepannya. Sudah tanggungjawab bersama untuk terus melestarikan apa yang kita miliki," pesan Reinier.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok yang diwakili Nasril In Dt. Malintang Sutan mengatakan, selama ini, lembaga adat Kota Solok konsisten dalam memperkenalkan adat dan budaya daerah pada generasi muda melalui berbagai kegiatan. Baik itu kegiatan pemerintahan maupun kegiatan masyarakat.

"Batamek pidato adat sangat berguna bagi generasi penerus untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya. Jangan berhenti sampai disini, selalu gali ilmu yang ada dari guru-guru panggung pidato adat kita," sebutnya.

Ditegaskannya, Pihak DPRD kota Solok selalu memberikan support untuk kesuksesan kegiatan yang menyangkut kemaslahatan masyarakat Kota Solok . Sepanjang kegiatan dan program bermanfaat bagi masyarakat, pasti didukung legislatif.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah