Warga Gunakan Jamban Sehat, 25 Kepala Jorong di Solsel Dapat Penghargaan

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman menyerahkan piagam penghargaan kepada jorong yang 100 persen warganya sudah menggunakan jamban sehat, usai acara hari Kesehatan Nasional di Padang Aro, Senin, 11 November 2019
Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman menyerahkan piagam penghargaan kepada jorong yang 100 persen warganya sudah menggunakan jamban sehat, usai acara hari Kesehatan Nasional di Padang Aro, Senin, 11 November 2019 (Ist)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Momentum Hari Kesehatan Nasional ke 55 dijadikan pemerintah Kabupaten Solok Selatan " href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/kategori/solok-selatan" target="_blank"> Solok Selatan  ( Solsel ) untuk terus memotivasi masyarakatnya berprilaku hidup bersih dan sehat.

Salah satu bentuk motivasi yang dilakukan, dari 269 jorong yang ada di kabupaten itu, sebanyak 25 Jorong diberikan penghargaan karena warganya sudah 100 persen menggunakan sarana jamban sehat.

baca juga: Sidang Dugaan Penerimaan Suap Muzni Zakaria, Majelis Hakim: Kodenya Pinjaman Semua

BACA JUGA: Solsel Rumah dengan Anggaran Rp30 Juta" href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/baca/59862/tni-bedah-rumah-warga-di-solsel-rumah-dengan-anggaran-rp30-juta-1572713443" target="_blank">TNI Bedah Rumah Warga di Solsel Rumah dengan Anggaran Rp30 Juta

BACA JUGA: Solsel Terima Bonus Hingga Puluhan Juta" href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/baca/59407/kafilah-mtq-ke-38-sumbar-asal-solsel-terima-bonus-hingga-puluhan-juta-1571923467" target="_blank">Kafilah MTQ ke-38 Sumbar Asal Solsel Terima Bonus Hingga Puluhan Juta

baca juga: Polres Solsel Bekuk Bandar Ganja di Daerah Pauh Duo

BACA JUGA: Solsel Berduka Raja Rantau XII Koto Meninggal Dunia" href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/baca/59400/solsel-berduka-raja-rantau-xii-koto-meninggal-dunia" target="_blank"> Solsel Berduka Raja Rantau XII Koto Meninggal Dunia

Wakil Bupati Solsel Abdul Rahman mengatakan, pemerintah daerah akan tetap berkomitmen secara konsisten bagaimana agar masyarakat mendapat pelayanan kesehatan yang baik. Termasuk bagaimana agar masyarakat menjaga pola hidup bersih dan sehat.

baca juga: Sekolah Dimulai 13 Juli, Pemkab Solsel Siapkan Sitem Kombinasi

"Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap dukungan dari masyarakat dalam mensukseskan program pemerintah, khususnya dengan menggunakan jamban sehat dan tidak lagi buang air besar sembarangan,"Kata Abdul Rahman usai acara hari Kesehatan Nasional di Padang Aro, Senin 11 November 2019.

Menurutnya, tidak bisa hanya pemerintah, setiap langkah-langkah yang telah di tempuh pemerintah agar masyarakat berprilaku hidup bersih sehat, akan berhasil jika ada partisipasi masyarakat.

baca juga: Desember 2020, Solsel Miliki Rumah Sakit Pratama Negeri

"Telah dibentuk relawan di nagari dan jorong, dengan tujuan agar masyarakat memiliki kesadaran bersama dan turut berpartisipasi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Solsel Novirman menyebutkan 25 Jorong yang mendapatkan penghargaan tersebut terdapat di lima kecamatan dari tujuh kecamatan yang ada di daerah itu.

"Di Kecamatan Sangir Balai Janggo yaitu Jorong Ngalau Indah I, Ngalau Indah II, Sungai Taluak, Talunan Maju, Kurnia Maju, Mukhtitama, Mercu, dan Sungai Gading," ujarnya

Selanjutnya, di Kecamatan Sungai Pagu, Jorong Koto Kaciak, Bariang Kapalo Koto, Bariang Rao-Rao, Lubuk Jaya, Pasar Barat, Mentirai Indah, dan Sigintir. Di Kecamatan KPGD, Jorong Sungai Pangkua dan Pakan Rabaa.

"Di Kecamatan Sangir Jujuan, Jorong Bulian, Simpang Tigo, dan Padang Batu Taba. Terakhir Di Kecamatan Sangir, Jorong Kauman, Sidomulyo, Bangun Jaya, Leter W, dan Jorong Taluak Aia putih,"jelasnya.

Ia menambahkan secara keseluruhan di kabupaten yang sudah terlepas dari status daerah tertinggal tersebut sudah 72 persen masyarakatnya menggunakan jamban sehat.

"Pemerintah Kabupaten menargetkan pada tahun 2021 seluruh masyarakat di daerah ini sudah menggunakan jambat sehat,"tukasnya. [Kaka]

Penulis: Khadijah