Nagari PRT Solsel Anggarkan Ratusan Juta untuk Modal Usaha Masyarakat

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman menyerahkan bantuan Usaha pertanian dari Nagari Pakan Rabaa Timur untuk Masyarakat setempat, Senin (23/9)
Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman menyerahkan bantuan Usaha pertanian dari Nagari Pakan Rabaa Timur untuk Masyarakat setempat, Senin (23/9) (Ist)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Wakil Bupati Sololok Selatan ( Solsel ), Abdul Rahman, menyampaikan apresiasi atas berbagai usaha yang dilakukan Nagari Pakan Rabaa Timur (PRT) untuk kesejahteraan masyarakatnya. Menurutnya tidak banyak nagari yang bisa melakukan kegiatan serupa.

"Kebijakan yang patut diapresiasi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan patut dicontoh oleh nagari-nagari lain,"Kata Abdul Rahman di Nagari tersebut, Senin (23/9).

baca juga: Plt Kepala BKPSDM Solsel : Pemberhentian TKD Diserahkan Ke OPD Masing-Masing

Wali Nagari Pakan Rabaa Timur Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Nasril, mengungkapkan sebanyak 216 Kepala Keluarga (KK) kurang mampu mendapatkan bantuan modal usaha senilai total 350 Juta rupiah.

"Bantuan tersebut diberikan kepada 210 KK sebagai modal bertani, beternak dan berkebun, dan enam KK lagi untuk usaha menjahit,"Kata Nasril saat penyerahan bantuan secara simbolis di hadapan ratusan warga di Masjid Nurul Yakin, Jorong Ladang Kongsi, Nagari PRT

baca juga: Jamur Sawit Talao Jadi Produk Baru Solsel yang Banyak Digemari, Begini Kisah Awal Produksinya

Dia melanjutkan Bantuan yang diberikan tersebut disesuaikan dengan usaha yang digeluti masyarakat.

"Untuk usaha tani, berupa bibit pinang, cabe, kulit manis dan manggis, sedangkan untuk usaha ternak bantuan yang diberikan seperti itik, kambing, dan lainnya. Serta bantuan peralatan untuk usaha menjahit," Jelasnya.

baca juga: Hari Ini, Kasus Covid-19 Bertambah 16 Orang di Kabupaten Solok

Dibidang keagamaan imbuhnya, seperti Taklim rutin Persatuan Majelis Taklim (Permata) serta wirid rutin bulanan pihaknya juga menyediakan dana dari anggaran Nagari.

"Musti seimbang, kalau ekonominya dibantu, Rohaninya juga harus diisi, sehingga dunia bisa diraih akhirat juga didapatkan", tukasnya. [Kaka]

baca juga: Solsel Buka Pendaftaran 390 Formasi Seleksi CPNS

Penulis: Khadijah