e-PBB, Aplikasi Pembayaran PBB yang Mudah Diakses Dimana Saja

(net)

KLIKPOSITIF - Guna memudahkan masyarakat dalam urusan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), BNI wilayah Padang yang bekerjasama dengan Bapenda Padang melaunching aplikasi e-PBB.

"Aplikasi e-PBB ini merupakan inovasi terbaru dari Bapenda Padang difasilitasi oleh BNI yang bekerjasama dengan kami. Karena prinsip kami adalah bagaimana memberi kemudahan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pembayaran pajak," ujar Kepala Bapenda Padang , Adib Alfikri saat menghadiri acara Launching e-PBB, 'mudah, cepat dan transparan' di kantor BNI Padang jalan Proklamasi.

baca juga: Tahukah Apa Itu Anda Sistem Pajak Self Assessment dan Official Assessment?

Kegiatan itu dihadiri oleh Wali Kota (Wako) Padang yang diwakilkan oleh Kepala Badan Pengeloalaan Keuangan dan Aset Negara Kota Padang, Andri Yulika, Kepala Wilayah BNI Kota Padang serta tamu undangan dari Wajib Pajak.

Ia mengungkapkan, keluhan WP dari objek pajak pada umunya, terutama PBB adalah ribetnya saat melakukan pembayaran kewajiban pajak mereka. Mereka merasa banyak waktu yang dihabiskan hanya untuk membayar pajak mereka, karena harus antri hingga sekian jam.

baca juga: Tahukah Anda, Begini Cara Bayar Pajak Daerah

"Bahkan ada yang mengeluh karena banyaknya uang yang harus dibawa saat akan membayar pajak mereka, seperti WP yang berasal dari perusahaan besar. Jadi aplikasi ini merupakan jawaban atas keluhan masyarakat selama ini untuk pembayaran PBB, sehingga aplikasi ini dapat diakses kapan pun dan dimana saja," kata Adib.

Ia mengapresiasi pihak BNI Padang karena telah memfasilitasi Bapenda Padang dalam memenuhi kebutuhan Bapenda untuk masyarakat terkait pembayaran pajak yang cepat dan tidak ribet.

baca juga: Ternyata Ini Sistem Perpajakan yang Digunakan Bapenda Padang

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak BNI Padang telah membantu kami dalam memudahkan masyarakat. Semoga dengan adanya hal ini, maka pendapatan PBB akan meningkat dan bisa mencapai target realiasasi pada 2017," ucap Adib.

Sementara itu, Kasubid Sistem Informasi Pendapatan Daerah, Budi Kurniawan menjelaskan, aplikasi tersebut memiliki 6 pilihan cara untuk membayar PBB, yakni melalui ATM BNI, SMS Banking, BNI Internet Personil, BNI Direct, dan bisa langsung ke kantor pelayanan BNI terdekat.

baca juga: Uji Petik, Program Uji Kejujuran Wajib Pajak Restoran Bayar Kewajibannya

"BNI juga menyediakan fasilitas mobil khusus untuk e-PBB ini, yakni disediakannya mobil bernama BLG yang memiliki kepanjangan BNI Layanan Gerak. Jadi nanti mobil ini akan mengikuti jalannya kegiatan Bapenda di hari penagihan PBB Serentak, sehingga masyarakat bisa langsung membayar PBB jika tidak ada uang tunai," jelas Budi Kurniawan.

Ia menyatakan bahwa, seluruh pelayanan e-PBB itu sejak hari ini (16/9) telah bisa digunakan dan diakses oleh masyarakat untuk membayar PBB.

"Tadi sudah ada testimoni dari dua WP yang melakukan pembayaran PBB menggunakan BNI Mobile Banking dan ATM BNI di mobil BNG. Dari percobaan tersebut, bahkan tak sampai 5 menit mereka telah selesai melakukan kewajiban mereka membayar PBB pada Bapenda dengan aplikasi tersebut," katanya.

Untuk bukti pembayaran dari 6 fasilitas e-PBB itu, lanjutnya, datanya langsung terhubung ke sistem Bapenda.

"Tidak ada masalah lainnya terkait e-PBB. Pokoknya masyarakat sudah bisa menggunakan fasilitas tersebut hari ini untuk membayar PBB," tutup Budi Kurniawan.(*)

Editor: Khadijah