Walinagari se-Solsel Diminta Tingkatkan Pendapatan Nagari

Bupati Solsel Muzni Zakaria bersama Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda dan Walinagari berprestasi dalam mengelola dana desa
Bupati Solsel Muzni Zakaria bersama Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda dan Walinagari berprestasi dalam mengelola dana desa (IST)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Walinagari se-Kabupaten Solok Selatan (Solsel) diminta dapat meningkatkan pendapatan asli nagari (PAN)nya.

"Walinagari mesti berlomba-lomba untuk meningkatkan pendapatan asli nagari. Ini gunanya juga untuk kesejahteraan masyarakat nagari," Kata Bupati Solsel Muzni Zakaria saat Rakor bersama Walinagari di Aula Sarantau Sasurambi, Kamis, 24/10.

baca juga: Plt Kepala BKPSDM Solsel : Pemberhentian TKD Diserahkan Ke OPD Masing-Masing

Guna mewujudkan hal itu, Dia berharap, Wali Nagari terus berinovasi dan memanfaatkan setiap potensi serta peluang yang ada dan sah, termasuk pemanfaatan lahan untuk meningkatkan pendapatan nagari yang dipimpinnya.

Jangan sampai katanya, ada lahan mubazir yang hanya menjadi semak belukar karena tidak dimanfaatkan.

baca juga: Jamur Sawit Talao Jadi Produk Baru Solsel yang Banyak Digemari, Begini Kisah Awal Produksinya

Pemerintah imbuhnya, siap membantu bibit-bibit tanaman apabila diperlukan oleh nagari dalam rangka menunjang kesejahteraan masyarakat.

"Kalau masyarakat perlu bibit kopi, manggis dan bibit lainnya, kita siap membantu," ungkapnya.

baca juga: Solsel Buka Pendaftaran 390 Formasi Seleksi CPNS

Pada kesempatan itu Dia juga menyampaikan apresiasinya kepada Ketua DPRD yang selalu hadir dan mendukung setiap agenda yang dilakukan pemerintah saat ini.

Bahkan pujinya, sudah banyak pemikiran-pemikiran yang lahir dari pimpinan Wakil Rakyat yang masih muda itu dalam membangun daerah.

baca juga: Dengan Modal Rp4 Juta, Pria Aceh Ini Keliling Indonesia dengan Menggunakan Sepeda Motor

"Ketua DPRD-nya dari millenial dan punya banyak gagasan-gagasan yang bagus ketika berdiskusi dengan beliau," ungkapnya.

Dalam rakor walinagari tersebut, juga diserahkan penghargaan kepada empat Nagari di yang berhasil meraih prestasi terbaik tingkat kabupaten di bidang kinerja pengelolaan dana desa tahun 2018.

Masing-masing nagari itu bahkan berhak mendapat Piagam Penghargaan dan Dana Alokasi Kinerja sebesar Rp 144,096 juta tahun ini.

Keempat nagari tersebut yakni, Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu, Nagari Padang Air Dingin Kecamatan Sangir Jujuan, Nagari Padang gantiang Kecamatan Sangir Jujuan, dan Nagari Sako Selatan Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda mengatakan bahwa pihaknya berharap agar sebagian dana desa juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan sumber daya manusia di nagari.

Ia memberikan apresiasi atas capaian yang diperoleh oleh nagari, namun perlu mengingatkan menghadapi tantangan ke depan harus dengan SDM yang handal dan menguasai teknologi.

"Kami berharap Nagari berperan aktif dalam peningkatan SDM Masyarakat didaerahnya baik melalui pendidikan maupun pelatihan-pelatihan", jelasnya [Kaka]

Penulis: Khadijah