Wawako Solok: Pencegahan Narkoba Butuh Peran Serta Tokoh Adat

Wawako Solok Reinier Meminta tokoh adat untuk membantu pemerintah dalam perang melawan narkoba.
Wawako Solok Reinier Meminta tokoh adat untuk membantu pemerintah dalam perang melawan narkoba. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Wakil Walikota (Wawako) Solok Reinier menegaskan peran tokoh adat sangat dibutuhkan pemerintah daerah dalam untuk menyukseskan berbagai program pembangunan dan persoalan ditengah masyarakat.

Apalagi saat ini, masih banyak permasalahan di masyarakat yang harus diselesaikan secara bersama, dan sangat perlu dukungan dari tokoh adat. Komunikasi dan koordinasi pemerintah daerah dan tokoh adat harus selalu terjaga.

baca juga: Libatkan Tenaga Ahli, Pemko Solok Matangkan Dokumen GDPK

"Peran Niniek Mamak dan Bundo Kanduang serta tokoh adat lainnya sangat penting," ungkap Reinier saat menghadiri panggung pidato adat di Panggung Pidato Adat Ulu Aia Banda Panduang, Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok , Rabu (9/10).

Turut hadir, Ketua LKAAM Kota Solok Rusli Khatib Sulaiman, Ketua GOW Kota Solok Elfia Reinier, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvi Basri, Lurah Tanah Garam Asril, serta Niniak Mamak yang ada di Kota Solok .

baca juga: Wako Solok Minta Pimpinan OPD Aktif Turun Ke Masyarakat

Menurut Reinier, selain terkait program pembangunan daerah, peran tokoh adat juga sangat dibutuhkan dalam membantu penanganan berbagai persoalan kenakalan remaja dan narkoba yang bisa dibilang sudah sangat mengkhawatirkan.

Terkait persoalan kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba, kalangan adat cukup memiliki ruang untuk melakukan berbagai pendekatan secara adat pada anak kemenakan dan generasi muda kota Solok .

baca juga: Kabar Gembira, Pasien 05 COVID-19 Kota Solok Sembuh

"Melalui ruang-ruang panggung pidato atau kegiatan berbau adat lainnya bisa menjadi salah satu sarana untuk mengingatkan anak dan kemenakan akan bahaya Narkoba dan pergaulan bebas," sebut Reinier.

Diakui Reinier, persoalan narkoba menjadi satu dari sekian banyak ancaman bagi generasi muda kota Solok . Memang sudah ada lembaga atau institusi terkait yang bekerja menanggulangi hal tersebut, namun belum cukup.

baca juga: 47 Tahun Berdiri, Rumah Makan Sudi Mampir di Solsel Selalu Sediakan Makanan Gratis

Dalam upaya pencegahan, Kehadiran para bhabinkamtibmas dan babinsa dari unsur Polri dan TNI belum cukup untuk menangkal itu, perlu dukungan semua pihak termasuk Niniek Mamak dan Bundo Kanduang.

"Anak kemenakan kita harus dijaga dari pengaruh narkoba dan perilaku negatif yang bersifat merusak. Jangan sampai kita membiarkan orang luar merusak generasi penerus kita di Kota Solok ini," tutup Reinier.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah