Satlinmas Kota Solok Dibekali Pengetahuan Kebencanaan

Wawako Solok, Reinier buka pelatihan tentang Kantibmas dan bencana kebakaran bagi Satlinmas kota Solok
Wawako Solok, Reinier buka pelatihan tentang Kantibmas dan bencana kebakaran bagi Satlinmas kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Tingkatkan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam hal kebencanaan, pemerintah kota Solok membekali petugas Satlinmas dilingkungan RT/RW dengan pengetahuan penangggulangan bencana.

Sosialisasi dan pelatihan yang diikuti oleh 140 orang Satlinmas dari 13 kelurahan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Walikota (Wako) Solok , Reinier, Rabu (9/10) di lapangan Merdeka kota Solok . Turut hadir Kasatpol PP, Ori Affilo.

baca juga: Budayakan Hidup Sehat, Kapolres Solok dan Jajarannya Pilih Olahraga Sepeda

Menurut Reinier, pembekalan dilakukan sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 84 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat.

"Salah satu tugas Satlinmas adalah membantu penanggulangan bencana, apalagi, kota Solok juga masuk salah satu daerah yang rawan dengan berbagai bentuk potensi musibah kebakaran dan bencana alam," ungkap Reinier.

baca juga: Pulang Kampung ke Solok, Audy Joinaldy Silaturahmi dengan Pers

Salah satunya, beber Reinier, kota Solok kerap menjadi langganan banjir, kebakaran hingga tanah longsor. Kondisi tersebut membutuhkan peran dari semua pihak untuk meminimalisir dampak bencana, salah satunya dari unsur Satlinmas.

Anggota linmas merupakan garda terdepan di lingkungan Rukun Tetangga (RT) maupun Rukun Warga (RW) dilingkungan kelurahan. Apabila terjadi bencana, Linmas dituntut tanggap dan menjadi terdepan dalam mewujudkan usah perlindungan masyarakat.

baca juga: Pulang dari Palembang, Warga Solok Positif Covid-19

"Untuk itu, sangat perlu sekali kiranya Satlinmas dibekali berbagai ilmu untuk menunjang tugas dalam memberikan keamanan dan perlindungan bagi masyarakat, termasuk dalam hal bencana alam," sebut Reinier.

Sementara itu, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar kota Solok , Ori Affilo mengatakan, dalam pembekalan kali ini, seluruh Satlinmas yang ada di kota Solok difokuskan terhadap penanggulangan kebakaran.

baca juga: ASN Kota Solok Bantu Mantan Pasien COVID-19

"Belajar dari pengalaman, Potensi kebakaran di kota Solok cukup tinggi, baik potensi kebakaran di pemukiman maupun lingkungan seperti hutan dan lahan, peran semua pihak sangat dibutuhkan dalam pencegahan dan meminimalisir dampak kejadian," terang Ori Affilo.

Dengan pelatihan beladiri dan penanggulangan kebencanaan diharapkan, petugas Satlinmas bisa terjun langsung ke lapangan apabila sewaktu-waktu ada kejadian dan musibah kebakaran ditengah-tengah masyarakat.

"Dalam hal pelaksanaan tugas, Satlinmas bisa berjalan dan mengambil keputusan cepat dan tepat, tentunya dengan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, sehingga diharapkan tugas-tugas yang ada dilapangan akan berjalan dengan baik dan lancar," tutupnya.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah