Wako Solok: Wujudkan Keluarga Berkualitas Melalui Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan

Wako Solok Zul Elfian menyerahkan motor operasional pada penyuluh KB se kota Solok
Wako Solok Zul Elfian menyerahkan motor operasional pada penyuluh KB se kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF  – Walikota (Wako) Solok Zul Elfian meminta seluruh kader PKK untuk tidak bosan-bosannya memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat. Terutama soal pentingnya program KB dan Kesehatan dalam meningkatkan taraf ekonomi dan status gizi.

Menurut Zul Elfian, program kesatuan gerak PKK Keluarga berencana (KB) Kesehatan yang diadakan setiap tahunnya menjadi momentum untuk mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan pengaturan tingkat kelahiran dan meminimalisir potensi angka kematian ibu dan bayi melalui program KB.

baca juga: Musala Al-Muhajirin Kota Solok Beralih Status Menjadi Masjid

“Harus sama-sama kita dorong, sehingga keluarga berkualitas yang diharapkan bisa terus diwujudkan,” ungkap Zul Elfian saat pencanangaan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan tingkat Kota Solok 2019 di halaman Kantor Camat Lubuk Sikarah, Selasa (13/8).

Diakui Zul Elfian, peran Kader PKK sangat sentral dalam membantu pemerintah mensukseskan program-program yang digulirkan. Termasuk mendorong maksimalnya program pengentasan kemiskinan di kota Solok melalui program-program PKK.

baca juga: Seorang Santri Ponpes di Kota Solok Positif COVID-19

“Alhamdulillah, angka kemiskinan kota Solok telah berada dibawah angka 1 (satu) persen, keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari peran semua pihak, termasuk kader PKK,” ungkap Zul Elfian.

Ketua TP-PKK kota Solok , Zulmiyetti Zul Elfian berharap pelaksanaan kegiatan PKK KB Kesehatan yang dimulai dari bulan juli s/d desember 2019 dapat berjalan secara maksimal terutama dalam hal cakupan pelayanan.

baca juga: Mau Berangkat ke Batam, Satu Warga Muaro Paneh Solok Terdeteksi Positif COVID-19

“Dalam menjalankan program kegiatan PKK KB Kesehatan, semua pihak harus mengedepankan prinsip kebersamaan, keterpaduan dan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat,” sebut Zulmiyetti Zul Elfian.

Selain meningkatkan cakupan layanan, Pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan juga diharapkan menjadi sarana dalam meningkatkan Kemitraan PKK dengan Dinas Terkait, meningkatkan kualitas dan kuantitas posyandu, meningkatkan jumlah kader yang terampil dan keluarga PHBS, serta meningkatkan Jumlah KB baru dan aktif.

baca juga: Budayakan Olahraga, Pemko Solok Inisiasi Program Jumat Bersepeda

Pada kesempatan tersebut juga dilangsungkan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba PKK tingkat provinsi. Diantaranya Kelurahan Tanjung Paku yang berhasil meraih Pelaksana Terbaik II Tingkat Sumbar pada lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, serta pelaksana Terbaik II Lingkungan Bersih dan Sehat tingkat Sumbar.

Kemudian Kelurahan Laing yang berhasil meraih Pelaksana Terbaik Harapan I PKK KB Kesehatan tingkat Prov. Sumbar. Kelurahan Tanjung Paku yang berhasil meraih Harapan II Gerakan PKK untuk Hatinya PKK, serta Kelurahan Nan Balimo meraih Harapan I Gerakan PKK tentang UP2K tingkat Sumbar.

Tidak Cuma itu, Walikota Solok juga menyerahkan sepeda motor operasional bagi para penyuluh KB se-Kota Solok serta BKB KIT dan Genre KIT. Tidak ketinggalan, Zul Elfian juga menghadiahi kader 1 unit sepeda bagi yang berhasil menjawab pertanyaan.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah