Wako Solok Tadarus Bersama Warga

Wako Solok Zul Elfian bersama OPD tadarus di rumah warga
Wako Solok Zul Elfian bersama OPD tadarus di rumah warga (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Walikota (Wako) Solok Zul Elfian sangat serius dalam mengerakkan program magrib mengaji dan Subuh berjamaah ditengah masyarakat. Nyaris setiap hari ketika berada di kota Solok , Zul Elfian sholat subuh secara bergilir di berbagai Masjid di kota Solok .

Selain memang untuk beribadah, itu dilakukannnya untuk melihat secara langsung sejauh mana tingkat antusiasme masyarakat dalam meramaikan Masjid dan Musala saat sholat subuh.

baca juga: Musala Al-Muhajirin Kota Solok Beralih Status Menjadi Masjid

Bahkan, secara pemerintahan, Pemko Solok juga rutin melakukan safari subuh setiap minggunya. Dengan melibatkan OPD, Wako dan Wawako Solok juga secara bergiliran sholat berjamaah bersama warga.

"Selain kita mengajak warga untuk memakmurkan Masjid dan Musala, tentu safari subuh sangat bagus untuk membangun jembatan hati antara pemerintah daerah dan masyarakat," sebut Zul Elfian.

baca juga: Seorang Santri Ponpes di Kota Solok Positif COVID-19

Sementara itu, untuk memotivasi warga dalam menjalankan program magrib mengaji, Wako Solok pun tak sungkan mendatangi rumah masyarakat secara langsung untuk ikut mengaji bersama.

Seperti yang dilakukan Zul Elfian pada Jum'at (19/7). Setelah sholat magrib di Masjid Al-Amin Tanah Garam, Wako Solok langsung mengunjungi salah satu rumah warga secara mendadak di Sawah Piai, Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah.

baca juga: Mau Berangkat ke Batam, Satu Warga Muaro Paneh Solok Terdeteksi Positif COVID-19

Kedatangan Wako Solok bersama rombongan yang memilih berjalan kaki sempat mengagetkan keluarga Anwar Ismail dan Yetliza yang memang tengah mengaji bersama tiga anaknya. Zul Elfian beserta rombongan pun turut serta bergantian mengaji.

"Alhamdulillah, hari ini kita melihat langsung penerapan magrib mengaji yang dilakukan oleh masyarakat, dan ini sebuah kegembiraan bagi kita semua, kita harap seluruh warga kota Solok (Muslim) bisa melakukannya," sebut Zul Elfian.

baca juga: Budayakan Olahraga, Pemko Solok Inisiasi Program Jumat Bersepeda

Selain bernilai ibadah, sebut Zul Elfian, megrib mengaji bersama keluarga dapat memperkuat hubungan emosional antara anak dan orang tua. Hal tersebut juga menjadi sarana menanamkan nilai-nilai ketaatan dalam beribadah bagi anak sejak dini.

"Melalui Magrib Mengaji dan Subuh berjamaah, orang tua juga bisa sekaligus mengontrol pergaulan dan perubahan perilaku sang anak serta menanamkan nilai-nilai kebaikan sehingga anak jauh dari kenakalan," ulas Zul Elfian.

Pihaknya berharap, program magrib mengaji dan Subuh berjamaah serta gerakan 1821 bisa betul-betul terlaksana di masing-masing keluarga di berbagai kawasan di kota Solok .

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah