HANI 2019, Wako Ajak Semua Pihak Serius Perangi Narkoba

Kompak, Wako Solok Zul Elfian dan Wawako Solok, Reinier menunjukkan Penghargaan yang diterima dari BNNP Sumbar
Kompak, Wako Solok Zul Elfian dan Wawako Solok, Reinier menunjukkan Penghargaan yang diterima dari BNNP Sumbar (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Walikota (Wako) Solok Zul Elfian mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam Proses Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, sesuai dengan kapasitas masing-masing.

"Ancaman penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba tidak bisa kita anggap sepele, butuh perhatian bersama," ungkap Wako Solok , Zul Elfian saat peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2019 di Balaikota Solok , Jum'at (19/7).

baca juga: Musala Al-Muhajirin Kota Solok Beralih Status Menjadi Masjid

Menurutnya, tindakan pencegahan harus dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat. Salah satunya dengan menjauhi segala macam bentuk narkoba yang kian hari kian beragam bentuk dan modus peredarannya.

Terutama bagi setiap orang tua, ulasnya, harus senantiasa mengawasi dan mengontrol pergaulan anak-anak. Baik dilingkungan rumah, maupun di tempat anak bersosialisasi sehari-hari. Orang tua punya ruang lebih banyak untuk mengawasi keluarga.

baca juga: Seorang Santri Ponpes di Kota Solok Positif COVID-19

"Jangan sampai dikemudian hari kita menyesal lantaran mengabaikan pentingnya pengawasan dan pengontrolan terhadap anak, kalau sudah terjebak narkoba, sangat sulit untuk bisa terlepas," sebut Zul Elfian mengingatkan.

Zul Elfian jua menghimbau seluruh masyarakat untuk proaktif melaporkan jika ada keluarga atau sanak saudara yang memang terindikasi sebagai pengguna narkoba, sehingga bisa direhabilitasi secara cepat.

baca juga: Mau Berangkat ke Batam, Satu Warga Muaro Paneh Solok Terdeteksi Positif COVID-19

Keseriusan pemerintah kota Solok dalam perang melawan penyalahgunaan narkoba tidak perlu diragukan lagi. Kerja keras pemko Solok dalam menyelamatkan masyarakat terutama generasi muda dari bahaya narkoba sudah mendapat pengakuan dari berbagai pihak.

Terbaru, Pemko Solok dianugerahi penghargaan oleh pihak Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar atas berbagai program pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di kota Solok .

baca juga: Budayakan Olahraga, Pemko Solok Inisiasi Program Jumat Bersepeda

Ketua BNK Kota Solok , Reinier mengatakan, berbagai langkah pencegahan dan penanggulangan narkoba di Kota Solok diharapkan mampu berdampak signifikan menekan kasus narkoba di kota Solok . Terutama yang menjerat generasi muda yang tergolong masih usia produktif.

"Selain sosialisasi secara masif ditengah masyarakat, kita juga langsung melibatkan berbagai pihak ditingkat kelurahan dalam membentuk kampung anti narkoba, dan dilengkapi dengan Satgas Anti Narkoba," sebut Reinier.

Ditegaskan Reinier, target pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya bagaiaman kota Solok betul-betul bersih dari segala macam bentuk penyalahgunaan dan peredaran narkoba."Semua bergantung dari keseriusan kita bersama," tutupnya.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah