Pemko Solok Teken MoU dengan BPN Sumbar dan DJP Sumbar-Jambi

Wako Solok Zul Elfian menandatangani MoU dengan BPN Sumbar dan DJP Sumbar-Jambi
Wako Solok Zul Elfian menandatangani MoU dengan BPN Sumbar dan DJP Sumbar-Jambi (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Optimalkan Penerimaan Pajak dan Pengelolaan Barang Milik Daerah, pemerintah kota Solok bersama daerah lainnya menandatangani nota kesepahaman bersama dengan pihak Kanwil BPN dan Kanwil DJP Sumbar-Jambi, Kamis (18/7) di Auditorium Gubernuran Sumbar.

Penandatanganan MoU disaksikan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumbar Irwan Prayitno, Wakil Ketua KPK RI, Saut Situmorang, Dirut Bank Nagari Dedy Ihsan, Plh Kakanwil Dirjen Pajak (DJP) Sumbar dan Jambi Muhammad Asraf, serta Kakanwil BPN Sumbar, Sudaryanto.

baca juga: Musala Al-Muhajirin Kota Solok Beralih Status Menjadi Masjid

Terhadap penandatanganan MoU tersebut, Irwan Prayitno mengatakan, Provinsi Sumatera Barat dan daerah kabupaten kota mempunyai aset yang sangat banyak, namun sampai saat ini masalahnya tidak pernah berhenti.

"Oleh karena itu, kerjasama dengan pihak BPN sangat membantu dalam memberikan kepastian kepemilikan sehingga seluruh aset milik pemerintah daerah bisa terdata dengan baik," ucap Irwan Prayitno.

baca juga: Seorang Santri Ponpes di Kota Solok Positif COVID-19

Pihaknya juga meminta seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk mensertifikatkan aset-aset milik daerah sehingga tidak ada persoalan di kemudian hari. Termasuk juga mendorong masyarakat untuk mensertifikatkan tanah miliknya.

Sementara itu, KaKanwil BPN Sumbar, Sudaryanto mengatakan, untuk mendukung upaya dalam sertifikasi aset pemerintah daerah dan juga milik masyarakat, pihak BPN bakal membuka layanan online.

baca juga: Mau Berangkat ke Batam, Satu Warga Muaro Paneh Solok Terdeteksi Positif COVID-19

"Kita merencanakan kedepan, seluruh aset pemerintah dan aset masyarakat akan dibuat secara online, sehingga akan ada kepastian data dan kepastian kepemilikan," terang Sudaryanto.

Menurutnya, dengan adanya kepastian data, semua aset akan bisa dimonitor, termasuk segala bentuk pembayaran dan penerimaan pajak untuk daerah, sehingga bisa menghindari kemungkinan terjadinya kebocoran.

baca juga: Budayakan Olahraga, Pemko Solok Inisiasi Program Jumat Bersepeda

Walikota Solok , H. Zul Elfian mengaku sangat mendukung langkah kerjasama daerah dengan pihak BPN Sumbar dan DJP Sumbar-Jambi, sehingga akan memudahkan daerah dalam penanganan persoalan aset selama ini.

"Dengan adanya panandatangan kesepahaman bersama dengan berbagai pihak terkait akan sangat membantu daerah dalam meningkatkan penerimaan pajak dan pengelolaan aset," sebut Zul Elfian.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah