Cegah Penyelewengan, Pemko Solok Canangkan Zona Integritas

Wako Solok Zul Elfian menandatangani komitmen penerapan Zona Integritas di lingkungan Pemko Solok
Wako Solok Zul Elfian menandatangani komitmen penerapan Zona Integritas di lingkungan Pemko Solok (Humas Protokol dan Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Mencegah potensi penyelewengan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Solok , Walikota (Wako) Zul Elfian mencanangkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Senin (17/6) di kantor Balai Kota Solok .

Menurut Zul Elfian, pencanangan zona integritas menuju WBK dan WBBM merupakan bentuk komitmen Pemko Solok dalam mencegah berbagai potensi terjadinya praktek-praktek penyimpangan dalam proses daerah.

baca juga: Jabat Pjs Wako Solok, Ini Tiga Prioritas Utama Asben Hendri

Pembangunan Zona Integritas sebagaimana diatur dalam Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) No. 52 Tahun 2014, juga merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Tidak hanya demi mewujudkan Reformasi Birokrasi, akan tetapi sudah menjadi keharusan untuk dapat memenuhi harapan dan aspirasi masyarakat di dalam peningkatan pelayanan publik dan penegakan supremasi hukum," tutur Zul Elfian.

baca juga: Asik Nongkrong di Warung, Pelaku Narkoba Diciduk Polisi di Solok

Zul Elfian juga menyampaikan bahwa penerapan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) menjadi salah satu formulasi yang tepat untuk dapat mengembalikan dan meningkatkan wibawa serta citra pelayanan di tengah-tengah masyarakat.

"Saya intruksikan agar seluruh OPD mengambil langkah-langkah teknis pelaksanaan sesuai kewenangan, tanggung jawab dan kewajiban masing-masing Perangkat Daerah," tegas Wako.

baca juga: Gawat Darurat, Warga Kota Solok Bisa Hubungi Call Center 112

Untuk merealisasikan pencanangan zona integritas tersebut, dalam waktu dekat, akan dilakukan penunjukan beberapa kepala OPD sebagai Pilot Project penerapan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM dilingkungan Pemko Solok .

Pencanangan turut dihadiri Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Pemut Aryo Wibowo, Inspektur Provinsi Sumatera Barat Mardi, Kajari Solok Aliansyah, Kepala OPD, LKAAM, Bundo Kanduang dan KNPI.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

Pada kesempatan itu, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan menyerahkan sebuah buku 'Membangun Zona Integritas Tantangan dan Peluang Menuju POLRI Yang Dicintai Masyarakat'.

Penyerahan buku karya Kapolres tersebut merupakan bentuk harapan dari Polres Solok Kota kepada Pemerintah Kota Solok untuk Komit dan konsisten menerapkan zona integritas dalam menuju WBK dan WBBM.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah