Tinggal Hitungan Hari, Wako Solok Minta Panitia Genjot Persiapan MTQ

Walikota Solok Zul Elfian dan Wawako Reinier evaluasi persiapan MTQ.
Walikota Solok Zul Elfian dan Wawako Reinier evaluasi persiapan MTQ. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIFWalikota (Wako) Solok Zul Elfian meminta seluruh panitia daerah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-38 tingkat Sumatera Barat untuk terus menggenjot persiapan. Apalagi, pelaksanaan alek Akbar tersebut tinggal hitungan hari.

"Seluruh seksi dan struktur kepanitiaan harus intensif melakukan evaluasi dan pengecekan terhadap berbagai hal persiapan. Termasuk persoalan sekecil apapun harus segera diselesaikan," ungkap Zul Elfian, Selasa (11/6).

baca juga: Musala Al-Muhajirin Kota Solok Beralih Status Menjadi Masjid

Terkait persiapan penyambutan tamu, Sejumlah persoalan ikut menjadi sorotan walikota Solok . Mulai dari pengelolaan parkir, kebersihan kota dan lokasi lomba, lingkungan pemondokan kafilah, termasuk objek wisata.

Pihaknya meminta seluruh pihak saling berkoordinasi sesuai dengan struktur dan tupoksi kepanitiaan yang telah dibentuk sebelumnya, sehingga tidak persiapan bisa dilakukan secara maksimal.

baca juga: Seorang Santri Ponpes di Kota Solok Positif COVID-19

"Jangan ada yang luput dari perhatian kita bersama, keberhasilan dan kesuksesan MTQ merupakan harapan bersama, keberhasilan kota Solok . Untuk itu, kerja keras panitia dan dukungan masyarakat sangat dibutuhkan," sebut Zul Elfian memotivasi.

Sementara itu, Wakil Walikota Solok Reinier yang juga ketua umum MTQ Nasional ke 38 tingkat Sumbar mengatakan, kesiapan kota Solok menjadi penyelenggara dan sekaligus peserta bisa dibilang 100 persen.

baca juga: Mau Berangkat ke Batam, Satu Warga Muaro Paneh Solok Terdeteksi Positif COVID-19

"Ini merupakan alek kita bersama, tentunya kita berharap, pelaksanaan MTQ di kota Solok bisa sukses secara keseluruhan, baik dari penyelenggaraan maupun dari sisi kota Solok sebagai peserta MTQ," Cetus Reinier.

Bahkan, kota Solok memasang target masuk dalam jajaran peringkat tiga besar. Sejumlah cabang menjadi bidikan mendulang juara. Diantaranya, cabang Tafsir bahasa Indonesia, Tilawah remaja putri, Tilawah anak-anak putra putri, Fahmil Qur'an, MSQ, Qutbah Jum'at dan Tahfiz seluruh golongan.

baca juga: Budayakan Olahraga, Pemko Solok Inisiasi Program Jumat Bersepeda

Namun demikian, Menurut Kabag Kesra Heppy Darmawan, seluruh cabang yang dipertandingkan tetap menjadi target dalam meraih juara. Persiapan Qori dan Qoriah telah dilakukan sejak jauh-jauh hari melalui TC di Masjid Agung Al-Muhsinin.

"Kafilah yang akan mewakili kota Solok merupakan Qori dan Qoriah juara MTQ tingkat kota yang diseleksi secara ketat, nantinya ada lebih kurang 60 orang Qori dan Qoriah yang bakal mewakili kota Solok dan didampingi 20 orang official dan pendamping," sebut Heppy Darmawan.

Ekspektasi kota Solok memang cukup tinggi pada MTQ kali ini. Melihat kebelakang, pada MTQ ke 37 tingkat Sumbar di Kabupaten Padang Pariaman 2017 lalu, prestasi kota Solok melorot ke urutan 8 setelah sebelumnya berhasil masuk 5 besar dalam MTQ  ke 36 yang digelar di kota Sawahlunto.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah