Libur Lebaran, Wako Solok Pastikan Pelayanan Publik Tetap Jalan

Jelang Lebaran, Wako Zul Elfian dan Wawako Reinier kumpulkan OPD terkait sistem layanan saat Libur dilingkungan Pemko Solok
Jelang Lebaran, Wako Zul Elfian dan Wawako Reinier kumpulkan OPD terkait sistem layanan saat Libur dilingkungan Pemko Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Kendati masuk libur lebaran, Walikota (Wako) dan Wakil Walikota (Wawako) Solok meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tetap intens berkoordinasi dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing.

Terutama sejumlah OPD yang berkaitan dengan pemenuhan pelayanan langsung terhadap masyarakat seperti dinas kesehatan, pengelolaan pasar, dinas perhubungan, dinas pariwisata, BPBD, Satpol-PP dan Damkar serta dinas terkait lainnya.

baca juga: Jabat Pjs Wako Solok, Ini Tiga Prioritas Utama Asben Hendri

"Kami minta seluruh Organisasi Perangkat Daerah tetap mengawal gawang masing-masing dengan selalu berkoordinasi satu sama lain," ungkap Walikota Solok , Zul Elfian Minggu (2/6).

Zul Elfian menegaskan, pihaknya tidak ingin pelayanan langsung atas kebutuhan masyarakat terhambat dan tidak terpenuhi dengan baik selama libur lebaran. Pelayanan yang sifatnya penting harus tetap bisa diakses.

baca juga: Asik Nongkrong di Warung, Pelaku Narkoba Diciduk Polisi di Solok

Menurutnya, Semua itu bisa dilakukan dengan mudah melalui konsolidasi ke dalam internal OPD masing-masing. mengatur jadwal penugasan kerja atau sistim shift secara jelas dan adil terhadap aparatur yang ada.

"Kami tidak ingin dengar ada masalah atau kendala masyarakat yang tidak tertangani dengan baik, terutama yang menggangu kenyamanan masyarakat sepanjang libur lebaran," tegas Zul Elfian seolah mengingatkan OPD-nya.

baca juga: Gawat Darurat, Warga Kota Solok Bisa Hubungi Call Center 112

Selain itu, Zul Elfian mengingatkan seluruh ASN untuk tidak menumpuk-numpuk perkejaan baik sebelum maupun pasca lebaran. Selesaikan tugas yang ada dengan segera sehingga tidak jadi beban.

"Mana yang bisa dikerjakan, langsung dikerjakan, jangan uklur-ulur waktu. Kalau pekerjaan sudah menumpuk, maka hati pasti akan malas untuk menyelesaikannya," tutur Zul Elfian mengingatkan ASN.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

Jelang masuknya lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, Zul Elfian juga meminta seluruh pimpinan OPD untuk memberikan hak seluruh aparatur yang ada dalam tubuh organisasinya.

Sementara itu, Wakil Walikota Solok juga mengingatkan OPD terkait dan panitia untuk tetap mengawal persiapan pelaksanaan Musabawah Tilawatil Qur'an Nasional ke 38 tingkat Sumbar yang dilakukan di kota Solok .

"MTQ sudah didepan mata, tetap kawal persiapannya dengan matang sesuai tugas dan fungsi kita masing-masing. Jangan terlalu larut dengan libur lebaran dan lalai dengan tugas-tugas penting," ingat Reinier.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah