Jelang Lebaran, Baznas Kota Solok Bagikan Bantuan bagi 1.330 Mustahiq

Wakil Walikota Solok, Reinier menyerahkan bantuan zakat pada masyarakat
Wakil Walikota Solok, Reinier menyerahkan bantuan zakat pada masyarakat (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Seminggu menjelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota Solok membagikan dana bantuan zakat bagi 1.330 Mustahiq yang ada di kota Solok , Selasa (28/5) di Masjid Agung Al-Mukhsinin.

Bantuan yang diberikan dalam bentuk uang tersebut diperuntukkan bagi guru MDA, Pegawai sukarela dan masyarakat kurang mampu yang ada di kota Solok , sehingga mereka bisa sama-sama merasakan kebahagiaan dalam menyongsong hari raya.

baca juga: Jabat Pjs Wako Solok, Ini Tiga Prioritas Utama Asben Hendri

Wakil Walikota Solok , Reinier mengatakan, pemberian bantuan zakat bagi masyarakat kurang mampu merupakan upaya dalam memangkas kesenjangan ekonomi dan kesenjangan sosial ditengah kehidupan bermasyarakat di kota Solok .

"Melalui dana zakat yang dikumpulkan dan disalurkan oleh Baznas daerah sangat membantu pemerintah daerah dalam membantu menanggulangi angka kemiskinan di kota Solok ," ungkap Reinier.

baca juga: Asik Nongkrong di Warung, Pelaku Narkoba Diciduk Polisi di Solok

Menurut Reinier, dengan manajemen pengelolaan dana zakat yang dilakukan secara transparan dan profesional oleh Badan Amil Zakat kota Solok , akan mengangkat tingkat kepercayaan masyarakat yang tergolong Muzakki dalam menyalurkan zakat.

Dengan begitu, setiap tahunnya akan lebih banyak dana zakat yang akan disalurkan pada para mustahiq, baik dalam bentuk bantuan pengembangan usaha ekonomi kreatif, bantuan pendidikan, bantuan kesehatan dan lainnya.

baca juga: Gawat Darurat, Warga Kota Solok Bisa Hubungi Call Center 112

"Potensi zakat maal kita di kota Solok cukup tinggi, namun masih perlu manajemen dan usaha untuk merangkul wajib zakat agar mau menyalurkan kewajiban zakatnya melalui Baznas sehingga bisa terkelola dan tersalurkan secara merata dan baik," sebut Reinier.

Reinier meminta kepada pihak Baznas kota Solok dan pihak terkait untuk memperhatikan penyaluran zakat, supaya penyalurannya tepat sasaran dan menyentuh orang-orang yang memang berhak dan membutuhkan.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

Sementara itu, Ketua Baznas kota Solok Zaini menyebutkan, dana bantuan ya g disalurkan kali ini berasal dari zakat para Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan pemko Solok , Polres Solok kota dan para pedagang.

"Manfaatkan bantuan yang diberikan sesuai dengan peruntukannya. Utamakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, hindari penggunaan untuk keperluan lain yang sifatnya tidak perlu," harap Zaini.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah