Solok Fashion Festival Warnai Sumarak Anak Nagari Kota Solok 2019

Solok Fashion Festival ikut Ramaikan Sumarak Anak Nagari 2019
Solok Fashion Festival ikut Ramaikan Sumarak Anak Nagari 2019 (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Solok Fashion Festival ikut meramaikan gelaran Sumarak Anak Nagari kota Solok tahun 2019. Sejumlah karya busana muslim casual dan batik khas Solok buah tangan designer lokal Sumatera Barat dan nasional ikut ditampilkan.

Dalam helat Sumarak Anak Nagari yang dilangsungkan di halaman Rumah Gadang, Simpang Denpal, Kota Solok , Sabtu (20/4), juga ikut dimeriahkan dengan lomba baju kuruang basiba.

baca juga: Jabat Pjs Wako Solok, Ini Tiga Prioritas Utama Asben Hendri

Terhadap kegiatan itu, Wakil Walikota (Wawako) Solok , Reinier mengatakan, Industri Fashion sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif mempunyai peluang yang sangat cerah untuk dikembangkan di kota Solok .

"Dari data yang ada, menunjukkan bahwa subsektor fashion merupakan penyumbang ekonomi terbesar kedua setelah subsektor kuliner di kota Solok ," ungkap Reinier.

baca juga: Asik Nongkrong di Warung, Pelaku Narkoba Diciduk Polisi di Solok

Dengan adanya Solok Fashion Festival, menurut Reinier, akan memacu gairah industri fashion di kota Solok . Apalagi, kompetitifnya persaingan produk fashion menuntut pengusaha untuk lebih kreatif dalam memenuhi selera pasar.

"Kegiatan ini dapat menjadi ajang promosi industri sandang, khususnya produk kain batik khas daerah Kota Solok . Sehingga, dapat menjembatani dunia usaha terhadap akses pasar, teknologi, investasi dan peningkatan SDM bagi pelaku industri kreatif," tutup Reinier.

baca juga: Gawat Darurat, Warga Kota Solok Bisa Hubungi Call Center 112

Kepala Dinas Pariwisata Kota, Elvi Basri menyebutkan, Solok Fashion Festival ditujukan untuk membangun kesadaran dan memberi pemahaman kepada para pelaku usaha untuk menghasilkan karya yang lebih digandrungi pasar.

Baik itu batik khas Kota Solok maupun busana muslim yang dihasilkan harus mampu menjadi trend fashion di Kota Solok . Tentunya, tanpa meninggalkan ciri khas dan budaya kota Solok yang begitu lekat dengan daerah yang religius.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

"Istimewanya, peserta lomba tidak hanya datang dari kota Solok namun juga daerah lainnya seperti Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kabupaten Sijunjung, serta dari Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta," sebut Elvy Basri.

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Solok secara langsung juga melantik Asosiasi Rumah Gadang Kota Solok , yang terdiri dari para niniak mamak kepala waris seluruh rumah gadang yang ada di Kota Solok .

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah